Usaha Mata Pencaharian Serta Usaha Kolektif Masyarakat Desa

11/09/2018

Ciri masyarakat pedesaan dapat dipahami berbagai komunitas yang terhubung dalam suatu Desa. Hal ini, dikarenakan menurut mereka terhadap komunitas pedesaan dapat dinilai sebagai bagian dari alam manusia, bahkan lebih kecil dibanding komunitas kota.


Jika mengenai kepadatan penduduk, dinyatakan bahwa Desa lebih rendah dibanding dengan kota, maka apa yang dapat dihasilkan masyarakat terhadap berbagai kebutuhan mereka. Lingkungan dalam hal ini, dapat dipahami sebagai mana membedakan lingkungan fisik (unorganic), lingkungan biologis (organic), serta lingkungan sosio kultural.
Pada ketiga jenis masyarakat dengan menyesuaikan diferensiasi sosial dinyatakan bahwa masyarakat kota, dapat dipahami sebagai bagian dari sistim sosial yang terbentuk dari budaya mereka sendiri. Maka, dikenalkan dengan struktur horizontal yang menggambarkan ragam pengelompokkan yang ada dalam suatu masyarakat tanpa melihat perbedaan.

Konsep tersebut, ditawarkan sebagai bagian berdasarkan hubungannnya dengan struktur vertical berdasarkan stratifikasi  (pelapisan sosial), dengan mempenhatikan hal tersebut, maka dengan menggambarkan kelompok yang ada dalam masyarakat terhadap berbagai susunan yang bersifat hierarkis.


Sedangkan solidaritas masyarakat pedesaan lebih didasarkan atas kesamaan sedang diperkotaan atas perbedaan-perbedaan  yang terjadi dengan bergantung pada satu sama lain. Maka, sejauh maka sebuah karakteristik yang diajukan akan lebih diterima dengan cukup baik berdasarkan Desa pada umumnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close