Peran Serta Masyarakat Dalam Kerangka Sistem Politik

1/10/2019

Pengerdilan peran partai dan pengurangan partisipasi politik masyarakat sengaja dibatasi hanya berada pada kegiatan pemilihan umum dan kampanye semata. Bagi partai politik, dua kegiatan terasa demikian sempit waktunya karena berbagai keterbatasan.

Dengan sesuatu yang tidak berlaku bagi berbagai partai dapat dipahami sebagai partisipasi politik pada masa Orde sebelumnya, yang diarahkan untuk pemenangan dalam pemilu dan setelah itu hingga menjelang pemilihan umum berikutnya, maka masyarakat diajukan dari wacana politik demi stabilitas pembangunan ekonomi.

Tingkat partisipasi masyarakat, dapat dipahami dengan berbagai factor yang diketahui berdasarkan sistem politik yang berlangsung secara merata sesuai dengan tujuan serta manfaat bagi masyarakat terhadap berbagai kepentingan politik mereka.

Sebuah pilihan yang masing-masing sudah cukup memberikan kesan kepada mereka untuk memberikan pilihan kepada masing-masing peran yang dapat diketahui berdasarkan sistem politik suatu masyarakat berdasarkan sistem sosial politik masyarakat.


Dengan rendahnya kualitas komunikasi politik yang terjadi di masyarakat, akan menagkibatkan berbagai pengetahuan yang dimiliki sesuai dengan manfaat masyarakat untuk memahami bagaimana peran serta masyarakat sesuai dengan kualitas serta hakikat dalam suatu partisipasi politik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close