Mengenai Berbagai Persoalan Bangsa Bagi Politik Identitas

6/16/2019

Politik identitas tidak boleh dipakai dalam pemilu mengingat kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk. “Ia berkata Indonesia memiliki keberagaman suku, bahasa, hingga agama. Lebih lanjut, ia mengingatkan kemajuan pembangunan Indonesia membutuhkan kebersamaan. Sebab, Jokowi menyebut, Indonesia merupakan negara besar.

"Jangan ada yang merasa ini negara kecil, jangan sampai kita lupa itu. Sebab itu persatuan, kerukunan, dan kerukunan harus terus kita ingatkan. Politik identitas merupakan salah satu bagian dari ragam budaya bangsa mengenai hal ini, karena, bangsa Indonesia memiliki berbagai ragam budaya.

Berbagai perbedaan mengenai politik, merupakan salah satu pembelajaran bersama terhadap berbagai kepentingan bangsa. Karena, dalam hal ini berbagai dinamika sosial yang terus berkembang di masyarakat merupakan salah satu manifestase terhadap berbagai persoalan sosial yang saling saling terkait dengan berbagai hubungan politik yang dinamis.


Berbagai hubungan dalam hal ini, pendewasaan politik merupakan bagian dari pembelajaran bersama terhadap berbagai munculnya perkembangan Global pada masyarakat saat ini. Berbagai hubungan antar Negara, tanpa terkecuali merupakan salah satu bagian dari persoalan yang tidak lepas dari persoalan bangsa saat ini.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close