Catatan Mengenai Pluralisme Oleh Nurcholis Madjid

7/07/2019

Menurut Nurcholis Madjid (2005) pluralism itu mengharuskan secara positif untuk disikapi, baik itu mengenai intraumat maupun antaragama yang sangat menuntut toleransi. Dalam hal ini, dapat diketahui bahwa berbagai hubungan mengenai hakikat agama dapat diketahui berdasarkan penyerahan kepada Tuhan.

Atas dasar agama dapat diketahui mengenai berbagai hubungan masyarakat yang dapat diketahui dengan berbagai hubungan sosial yang ada di masyarakat. Pengertian mengenai hal ini, merupakan salah satu bagian dari pengertian mengenai agama.

Hubungan mengenai hal ini, merupakan salah satu bagian dari sikap toleransi antar agama yang memang berpeluang terhadap berbagai hubungan di masyarakat untuk tetap baik. Ketika, berbagai hal mengenai toleransi dapat disikapi dengan berbagai hubungan masyarakat maka, apa yang menjadi bagian dari konsep mendasar mengenai agama merupakan salah satu bagian terpenting.

Untuk itu, dengan berbagai cara yang dilakukan mengenai pengertian pluralism di akar rumput sangat dipahami dengan istilah agama, yang merupakan salah satu bagian dari manusia. Pengertian mengenai hal ini, merupakan konsep terhadap berbagai budaya yang berkembang saat ini.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close