Pelajaran Praktis Sosiologi Ekonomi

9/08/2017

Sosiologi Ekonomi didefinisikan sebagai studi tentang bagaimana cara orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap barang dan jasa langka, dengan menggunakan pendekatan sosiologi. Untuk memahami hal tersebut, maka dapat dipahami :

Dari definisi tersebut, dapat diuraikan bahwa sosiologi ekonomi berhubungan dengan dua hal, yaitu:

1. Fenomena ekonomi yaitu gejala bagaimana cara orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap barang dan jasa langka. Cara di sini berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, yang berkaitan dengan produksi, distribusi, transaksi, dan konsumsi barang dan jasa langka.

2. Pendekatan sosiologis, yaitu berupa kerangka acuan, variabel-variabel, dan model-model yang digunakan oleh para sosiolog dalam memahami dan menjelaskan realita sosial atau fenomena yang terjadi di masyarakat. Pendekatan yang digunakan oleh para sosiolog ini berbeda dengan yang digunakan oleh para ekonom. Hal ini terjadi karena metode dan metodologi pendekatannya berbeda.

Jika dilihat dari aspek sosiologi, terutama dalam kegiatan ekonomi telah terungkap dalam kajian teori ekonomi klasik, seperti: pemikiran Markentalisme, tentang hubungan kekayaan suatu negara dan hubungan antara kekayaan dan kekuasaan. Pemikiran Adam Smith, yang mengemukakan tentang lemahnya pengawasan negara, tentunya akan mempengaruhi melengkapi Pemikiran Herbert Spenser tentang keharmonisan masyarakat industri, dan Pemikiran John Mynard Keynes, mengenai peran negara sebagai Penyeimbang (Equillibrator).

Kemudian, Max Weber, menekankan bahwa sosiologi ekonomi memperhatikan tindakan ekonomi sejauh, yang dapat dipahami dalam dimensi sosial dan selalu melibatkan makna serta berhubungan dengan kekuasaan. Seperti yang dikemukakan oleh Joseph Schumpeter, dengan membuat pembagian kerja diantara ilmu ekonomi dan sosiologi dengan memberikan batasan bahwa sosiologi ekonomi berkaitan dengan konteks institusional dari ekonomi. 

Dengan demikian, pandangan kedua ahli ini dapat terungkap, bahwa fokus sosiologi ekonomi pada kegiatan ekonomi dan mengenai hubungan antara variabel- variabel sosiologi yang terlihat dalam konteks non-ekonomis.





0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close