Krisis Sosial Budaya Di Kalangan Masyarakat ?

4/05/2019

Proses perubahan berlangsung terus dan belum tahu akan berhenti di mana dan kapan, tetapi ada manusia satupun yang tidak akan luput dari pengaruhnya. Menurut Azra (2004:2), disorientasi, dislokasi dan krisis sosial budaya dikalangan masyarakat semakin bertambah.

Tetapi, dengan meningkatnya penetrasi dan ekspansi budaya Barat, sebagian akibar proses globalisasi yang hampir tidak terbendung itu, dengan berbagai ekspresi sosial budaya yang sebenarnya asing dan tidak memiliki basis predesen kultural dalam masyarakat kita.

Hal ini, semakin menyebar dan memunculkan kecendrungan gaya hidup baru yang tidak selalu positif dan kondusif bagi kehidupan sosial budaya. Semakin maraknya budaya yang serba instan yang menyebar berbagai bentuk, jika tidak berubah maka akan semakin sulit.


Karena menurut Edward Said, merupakan cultural imperialism (imperialism kebudayaan) yang menggantikan imperlisme klasik yang terkandung dalam orientalism. Maka, arus informasi dan komunikasi telah membuatmakin globalnya berbagai nilai budaya yang berasal dari kebudayaan “adi daya”

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close