Harga dan Pasar Ekonomi

3/03/2018

Dalam sosiologi produksi dapat dikenal beberapa historis yang menemukan efek pluralitas terhadap produksi. Misalnya harga dan pasar dapat diamati ketika operasi dalam kombinasi transaksi intra dan interorganisasi. Posisi ekonomi melihat bagaimana secara berpisah, satu sama lain. Pasar dan otoritas merupakan mekanisme sosial alternative yang biasanya dipertimbangkan dalam organisasi bagi organisasi produksi atau alokasi sumber daya, misalnya transaksi inter atau intra perusahaan dapat menggabungkan keduannya.

Pemanfaatan aneka ragam dan cara dalam satu organisasi menandakan bahwa jaringan total produksi internal dan transaksi lainnya, yang berupa jaringan kompleks dari tingkat pasar dan mekanisme hierarkis yang berbeda-beda (Eceles dan White,1988). Dalam studi produksi ekonomi pasar menunjukan pengetahuan bahwa capital atau uang bukan hanya utama saja, tetapi ada hal lain juga dari mekanisme pasar ekonomi.

Pemahaman mengenai hal ini penting, bahwa pengetahuan dalam produksi pasar terhadap produsen adalah kategori sosial yang kompleks dan bukannya mekanisme ekonomi. Dengan demikian, jika diamati bahwa sosiolog akan melihat bagaimana pasar produksi yang merupakan struktur sosial atau struktur peran, dimana produsen itu sendiri mencoba memproduksi.

Beberapa studi misalnya mengenai property pasar produksi sebagai status order, dimana pasar dipandang sebagai entitas yang dikonstruksi dan ditopang secara sosial, yakni di definisikan dalam kaitannya dengan persepsi produsen sebagai partisipasin pasar. Jadi, pasar produksi melibatkan produsen yang terdiferensiasi atau terstratifikasi dalam kaitannya dengan reputasinya, dan terutama dengan property produk mereka yang biasanya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close