Icon Wisata Ekonomi Sebagai Nilai Tambah

3/04/2018

Tahu tidak mengenai Amartya Sen, seorang pemenang hadiah Nobel dalam bidang ekonomi yang berjudul Development as Freedom (1999), dimana ia menekan pentingnya pembangunan bukan sebagai cara (means), namun sebagai tujuan (end). Lima hal yang perlu diketahui bahwa bentuk pembangunan sebagai kemerdekaan yang dimaksud Sen tersebut adalah kebebasan berpolitik, fasilitas ekonomi, kesempatan sosial, jaminan tranparansi, dan proteksi keamanan.

Pengertian kemerdekaan dalam hal ini adalah fasilitas ekonomi yang tentunya berkaitan dengan terbukanya kesempatan bagi setiap individu untuk pemanfaatan berbagai sumber ekonomi bagi konsumsi, produksi dan perdagangan. Begitu juga dengan terbukanya lapangan pekerjaan yang merupakan bagian terpenting dari kemerdekaan secara ekonomi, yaitu bagaimana dihasilkan dan didistribusikan.
Proses produksi yang dimaksud dalam hal ini tentunya dengan sumber daya alam, dapat menjadi suatu bagian dari kerja sama yang menghasilkan dari hasil kegiatan pengusaha. Hal ini, begitu sederhana ketika destinasi wilsata misalnya, dan berbagai keunikan dari wilayah timur dan tengah Indonesia dapat memberikan fenomena yang menakjubkan dengan hasil alam yang ada.

Hal ini penting untuk diketahui bahwa wisata Indonesia mampu memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat dan Negara. Segala keterampilan yang dimiliki masyarakat dapat dimanfaatkan dengan baik guna menjaga potensi alam sekitar secara keberlanjutan dan keberlangsungan suatu masyarakat. Ketika potensi Indonesia dapat menjadi icon penting bagi wisata asing tentunya sudah menjadi nilai tambah dalam meningkatkan potensi dan keunikan tersendiri.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close