Strategi Pemasaran Dalam Tahap Pertumbuhan

4/26/2018

Perindustrian Indonesia kini semakin berdaya saing, dalam tahap ini yang dapat dikatakan bahwa perusahaan tidak banyak melakukan aktivitas dan lebih banyak pada penjualan. Dengan demikian, dalam pemasaran sosial tidak banyak aktivitas yang dilakukan karena banyak target adopter yang sudah mengenal dan mengonsumsi produk yang diluncurkan. Ada beberapa hal yang menarik dalam tahap ini dimana ada beberapa strategi yang bisa diterapkan, yaitu : 

A. Penyempurnaan mutu produk yang bisa dilakukan dengan cara menambah karakteristik yang baru atau juga model-model yang baru 

B. Mencari segmen pasaran yang baru memiliki kemungkinan untuk dimasuki 

C. Iklan yang sudah diluncurkan demi sedikit dialihkan dari format awal lebih menekankan pada pembinaan kesadaran produk menjadi upaya mendorong penyambutan dan pembelian produk 

D. Pada saat yang tepat menurunkan harga untuk mendapatkan target adopter yang lebih peka akan harga 

Hal ini dapat dipahami jika suatu perusahaan yang berupaya untuk melanjutkan strategi ekspansi pasar berakibat pada semakin kuatnya posisi daya saing. Ada yang mesti jadi pertimbangan ketika dengan strategi tersebut maka berakibat pula pada keperluan akan dana tambahan yang lebih besar. Dalam tahap pertumbuhan ini perusahaan dihadapkan pada pilihan antara meningkatkan pangsa pasar yang tinggi atau meningkatkan laba yang lebih besar. 

Dalam pemasaran sosial, strategi yang cenderung dipilih adalah strategi untuk menambahkan sejumlah dana besar untuk penyempurnaan mutu produk, promosi, dan distribusi sehingga akan dapat diperoleh kedudukan yang lebih dominan sekalipun laba yang akan didapatkan tidak mencapai maksimal.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close