Dinamika Kehidupan Manusia Dalam Perubahan Sosial Budaya

5/31/2018

Kompleksitas dinamika kehidupan masyarakat umat manusia telah menciptakan yang namanya suatu peradaban dari masa ke masa. Hal ini, dikarenakan pandangan sebagian besar masyarakat yang beranggapan modern. Akan tetapi, yang perlu diketahui ketika tantangan kompetitif di alam global kehidupan modern sekarang ? Akan begitu banyan benturan, misalnya nilai-nilai, budaya, norma bahkan social budaya masyarakat itu sendiri.

Mungkin tidak berpikir usia, tetapi masalah masa depan ilmu pengetahuan dan perkembangan peradaban manusia akan saling mempengaruhi seiring adanya perubahan sosial budaya. Seorang ahli yang benaman Fukuyama dengan the end of ideology yang menggambarkan era berakhirnya perlombaan ideology. Kemajuan pemikiran manusia yang senantiasa berupaya untuk menghasilkan hal-hal baru dalam hidup adalah sebagai makhluk berakal dan pemikiran manusia mengenai kondisi social.

Pada dasarnya suatu perubahan dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan peradaban (civilization) dan kesempurnaan dalam hidup. Apa yang menjadi pengaruh dalam hal ini, diantaranya atribut kebudayaan local seolah berpengaruh terhadap budaya global. Sedangkan pengaruh kehidupan manusia terhadap alam dan lingkungan budayanya maka dinamika perubahan akan terus terjadi dan dinamis.

Mengapa demikian, hal ini dikarenakan cara berpikir manusia akan membuat makhluk dinamis dan kemudian menjadikan manusia sebagai bagian terpenting. Karena, manusia mampu berpikir dan menciptakan temuan-temuan yang menarik terhadap dinamika manusia itu sendiri. Menarik, ketika hal sederhana misalnya sekecil apapun perubahan yang terjadi dilingkungan sekitar pasti akan membawa dampak.
Jika ada pergeseran suatu budaya, hal ini akan tampak ketika derasnya arus globalisasi yang membawa berbagai budaya baru, dan bagaimana kemampuan kita untuk membendungnya dan mempertahankan budaya dasar. Meskipun kita akan tahu, bahwa proses modernisasi sampai saat ini akan tetap diungguli masyarakat perkotaan (urban community), seperti Negara berkembang, yang salah satunya Indonesia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close