Tipologi Perubahan Sosial Yang Terencana

5/28/2018

Salah satu tipologi perubahan social adalah perubahan social yang direncanakan (intended) dan perubahan social yang direncanakan (unintended). Perubahan social yang direncanakan, misalnya pembangunan, sedangkan perubahan social yang tidak direncanakan dapat berupa dampak dari suatu perubahan. Pembangunan merupakan bentuk perubahan social yang terarah dan terencana melalui berbagai macam kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Pembangunan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan manusia untuk mempengarui masa depan yang lebih baik melalui proses. Dalam pembangunan tercakupnya di dalam segenap kemampuan manusia, kebersamaan untuk meningkatkan kesejahteraan, kekuatan untuk membangun, keberlanjutan, dan mengurangi ketergantungan dari pihak lain.
Dalam hal ini, untuk memahami pembangunan mencakup 3 aspek, yaitu pertumbuhan ekonomi, perubahan social, dan nilai etik. Pertumbuhan ekonomi terkait dengan kebutuhan hidup, perubahan social yang terkait dengan kebebasan memilih, dan nilai etik. Pertumbuhan ekonomi Nasional, misalnya yang tinggi dapat mendukung pemenuhan kebutuhan hidup rakyat yang bersangkutan.

Perubahan social dapat membuka akses bagi masyarakat untuk memilih corak hidupnya. Nilai etik, seperti tata nilai moral, adat istiadat, norma-norma (social, hukum) yang menunjukkan identitas dan harga diri sebuah bangsa yang bersangkutan. Untuk mencapai tujuan pembangunan tersebut dilakukan pendekatan, dimana 6 pendekatan pembangunan yaitu pendekatan pertumbuhan, pendekatan pemerataan, pendekatan ketergantungan, kebutuhan pokok, dan pendekatan tata ekonomi Internasional baru, dan pendekatan kemandirian.
Baca Juga :
Adapun sasaran yang harus dipahami ketika pembangunan bidang politik, ekonomi, social dan budaya, kemudian pertahanan dan keamanan, merupakan salah satu bagian dari pembangunan yang saat mengalami perubahan yang begitu pesat dengan berbagai proses yang dilakukan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close