Institusi Pendidikan Serta Hubungannya Dengan Kebudayaan

6/09/2018

Hubungan antara pendidikan dan masyarakat dapat dijelaskan bahwa institusi pendidikan merupakan bagian dari institusi-institusi social. Dimana dalam hal ini, institusi pendidikan dalam masyarakat dapat dibedakan menjadi tiga kategori. Pertama, dalam hal ini institusi pendidikan formal misalnya bagian dari aspek terpenting dalam keberlangsungan suatu kebudayaan.

Pengertian institusi pendidikan memiliki fungsi manifest dan laten, hal ini dikarenakan fungsi manifest institusi pendidikan antara lain mempersiapkan anggota masyarakat dalam proses perubahan secara keberlangsungan. Kemudian, dengan melestarikan sebuah kebudayaan maka apa yang menjadi bagian dari suatu kebudayaan dilestarikan berdasarkan pandangan yang baik untuk memperbaiki.
Apa yang menjadi hubungan pendidikan dan kebudayaan tentunya membutuhkan suatu institusi pendidikan yang merupakan salah satu agen sosialisasi dalam masyarakat. Sosialisasi adalah suatu proses melalui perkembangan sebagai anggota masyarakat. Dimana, keterkaitan yangs sesuai dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat.

Dalam hal ini, sikap berbudaya sebagai outcome satuan pendidikan tampak pada semua satuan pendidikan berperan mewujudkan generasi yang memahami nilai-nilai yang ada dimasyarakat. Pengertian dalam hal ini, seperti memiliki aspek dalam kehidupan social yang ada dimasyarakat dengan melalui proses yang dinamis dan keberlangsungan. Dengan demikian, apa yang menjadi bagian terpenting dalam proses ini merupakan bagian terhadap prespektif terhadap institusi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close