Sosial Ekonomi Masyarakat Pedesaan

7/27/2018

Yang perlu dipahami mengenai perbedaan antara masyarakat pedesaan dan modern tentunya dapat diperhatikan melalui karakteristis masyarakat tersebut. Misalnya, masyarakat modern erat dengan ekonomi uang yang tentunya memiliki pengaruh pengaruh terhadap kehidupan social dan kultural. 

Hal ini, memang dinamis dan cepat mengalami perubahan social masyarakat Desa dengan mengikuti arahnya. Demikian pula adat istiadat dalam pelbagai bentuk yang semula menjadi pedoman perilaku masyarakat Desa yang semakin berbeda. 

Dalam hal ini, pentingnya melihat aspek ekonomi masyarakat Desa dengan memahami bagaimana keberlangsungan mereka. Begitu juga, dengan perubahan system pemilikan dan penguasaan teknologi modern dan pelbagai hal yang berkaitan dengan cara produksi (modes of production).
Tetapi, kebanyakan Desa di Indonesia merupakan Desa pertanian, maka ditujukan pada peningkatakan aspek ekonomi masyarakat Desa. Sistem pertanian pada masyarakat Indonesia secara umum belum termasuk modern mengenai system pertanian yang diarahkan pada masyarakat pedesaan. Dari hal tersebut, maka dapata memahami dinamika kehidupan masyarakat pedesaan dengan lebih baik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close