Gagasan Bourdieu : Mengenai Konsumsi Melalui Distinction

9/10/2018

Menurut Bourdieu yang berkaitan dengan ranah (field) dan habitus yang dimiliki tentunya memiliki posisi berbagai agen dalam keterkaitan dengan jumlah capital yang dipunyai, terutama capital ekonomi dan budaya. Sedangkan habitus berfungsi pada setiap kesempatan sebagai sebuah matriks persepsi, apresiasi dan tindakan.

Sementara, dalam hal ini Douglas dan Isherwood melalui bukunya the world of goods berpendapat bahwa terdapat dua kegunaan dari benda (goods). Fungsi dari benda tersebut adalah benda yang dikategorikan kebudayaan agar terlihat dan stabil.
Benda merupakan sarana yang membuat kategori dasar tampak terlihat sebagai acuan klasifikasi seseorang dalam masyarakat, sehingga ia berperan sebagai sumber identitas social dan pembawa makna social. Kemudian, benda menciptakan dan mempertahankan hubungan social.

Individu yang menciptakan hubungan social pada akhirnya akan mengkristal pada apa yang dinamakan kehidupan social, melalui proses perolehan, penggunaan dan pertukaran benda-benda. Sedangkan bagi Baudrillard, yang merupakan konsumsi jenis suatu sistim aksi dari suatu objek yang dikonsumsi.

Maka, hubungan social dapat diciptakan ketika adanya hubungan keterkaitan suatu benda dan hal tersebut dikategorikan sebagai kebudayaan yang ada secara social dengan berbagai makna. Maka, proses tersebut berlangsung sesuai dengan pertukaran.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close