Pengertian Mengenai Sistim Etnik Terhadap Kategori Tengah !

9/26/2018

Pada sistim etnik dimana adanya golongan yang memiliki kelompok dominan dan golongan minoritas. Dalam hal ini minoritas tidaklah berkonotasi dengan jumlah yang kecil, tetapi mengacu pada suatu kelompok yang pada tataran lebih tidak terlihat ketika menjadi suatu objek yang berbeda.

Misalnya, adanya ras yang berbeda memicu beranggapan dengan golongan minoritas. Pada sistim ini, adalagi yang disebut dengan sistim stratifikasi etnis yang mempunyai kesamaan satu kesamaan dimana dalam suatu kategori ditempatkan dalam suatu tatanan yang bersifat hierarkis.
Meskipun demikian, terdapat berbagai variasi yang ada diberbagai tempat yang dapat di identifikasikan melalui berbagai dimensi yang membedakannya. Yang kemudian, sistim stratifikasi social berbeda dari dimensi kompleksitas dan tingkat pembedaan yang dibuat.


Kompleksitas dalam hal ini karena adanya, perbedaan penekanan pengakuan masing-masing tempat, maka suatu kelompok etnis di suatu masyarakat dapat diakui sebagai kelompok dominan yang ditempat lain hanya dianggap subgroup atau bahkan inferior.

Dimensi etnis adalah tingkat kejelasan dengan pemisahan antara berbagai kategori yang menyangkut bagaimana kesamaan dan perbedaan serta budaya dari berbagai kelompok etnis yang tentunya sebagai pembeda kategori.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close