Apa Saja Yang Di Produksi Oleh Masyarakat Tradisional

10/06/2018

Masyarakat pedesaan memiliki cara tersendiri untuk memproduksi sebuah produk mereka. Hal ini, dikarenakan adanya barang-barang yang penting untuk digunakan dengan berbagai kebutuhan yang dianggap penting (essential goods) bagi hidup mereka.

Barang yang ada pada umumnya, adalah barang sandang, seperti pakaian yang terbuat dari kulit kayu, barang pangan, bahan makanan, bahkan hal yang mengumpulkan makanan atau yang terbuat dari kayu, akar tumbuhan dengan berbagai peralatan yang memiliki ciri khas tersendiri.
Sementara, dari segi kuantitas atau jumlah barang terdapat jumlah volume produksi yang memiliki barang dengan diproduksi masyarakat meramu dan berburu, hal ini tentunya terdapat pada masyarakat yang hidup sekitar hutan. Sedangkan segi kualitas ternyata barang-barang hasil produksi tersebut memiliki cara tersendiri bagi masyarakat yang masih sangat kecil.

Sebagai teknik produksi makanan, pada masyarakat meramu dan berburu memiliki teknik produksi terhadap kebutuhan makanan yang ada di dalamnya dengan proses yang berlangsung dengan berbagai metode sederhana mereka. Misalnya, mereka hanya mengumpulkan buah-buahan, serta jumlah biji-bijian yang berlangsung.

Cara hidup mereka pun memiliki keterbatasan, sehingga sarana produksi yang mereka kerjakan dengan jumlah dan kualitas barang dari hasil produksi dengan akhirnya menyebabkan produksi, pada masyarakat meramu dan berburu secara keseluruhan hanya ditujukan untuk kehidupan subsistensi mereka saja. Dengan kata lain, tujuan produksi masyarakat meramu dan berburu hanya dengan pemenuhan kebutuhan hidup di kalangan komunitas tersendiri.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close