Struktur Sumber Terjadinya Konflik Sosial Di Masyarakat

7/10/2019


Yang harus diamati pada susunan peranan dan harapan yang memungkinkan terjadinya dominasi dapat dianalisakan  terhadap berbagai konflik harus diarahkan pada teridentifikasinya berbagap peranan kekuasaan politik di masyarakat.

Kekuasaan dan wewenang memosisikan individu pada lapisan sosial atas lapisan bawah dalam struktur sosial masyarakat (sosial) Hal yang bersifat sah dan individu yang baik taat pada wewenang mendapatkan sanksi. Oleh kerena itu, masyarakat menurut Dahrendorf merupakan sebuah persekutuan sosial yang terkoordinasi secara paksa (imperatively coordinated associations).

Dalam hal ini berbagai peran yang pernah dilakukan, merupakan salah satu bagian dari sistem sosial politik masyarakat yang memiliki peran terhadap berbagai pandangan mengenai berbagai keterlibatan konflik sosial yang berlangsung.

Kelompok yang terlibat, merupakan salah satu wewenang yang menjadi bagian dari kelompok semu dan kelompok kepentingan. Kelompok semu adalah kumpulan dari pemegang kekuasaan dan wewenang yang mereka miliki dalam kepentingan bersama.


Sedangkan kelompok kepentingan terbentuk berdasarkan kumpulan kepentingan individu yang lebih luas dari kelompok semu. Maka, kelompok kepentingan memiliki struktur, organisasi program dan tujuan yang jelas, maka menjadi sumber timbulnya konflik di masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close