Hubungan Diplomatik : Peranan Indonesia Mengenai Politik Internasional

2/02/2020

Peranan Indonesia dalam hubungan antarbangsa dalam dunia Internasional pada masa orde baru mengalami pergeseran. Berbagai persoalan kemanusiaan serta berbagai hal terkait dengan perdamaian. Berbeda dengan politik luar Negara yang mementingkan regionalism.

Pada masa itu, tepatnya Orde Baru perhatian Indonesia terutama pada persoalan hubungan Indonesia yang serasi antara Negara-Negara dikawasan Asia Tenggara, dalam hal ini tidak ada gunanya mempunyai orang-orang tetapi tidak memiliki keharmonisaan dengan Negara lainnya. 

Persoalan ketika itu, muncul dengan berbagai hal terkait dengan dinamika politik, tetapi dengan adanya kerja sama dengan Negara maju persoalan politik perlahan diperbaiki sesuai dengan harapan Negara lainnya. Dengan menghentikan persoalan konfrontasi dengan hal ini, persoalan Negara ketika itu semakin sengit. 

Persoalan yang berhubungan dengan hubungan diplomatik dengan Negara Malaysia pada tahun 1966, dengan dimulainnya Negara Asia Tenggara lainnya sehingga tidak mengherankan apabila peranan Indonesia dalam organisasi kerja sama regional tersebut cukup besar. 

Berlangsung dengan sistem politik di Indonesia ketika itu, banyak yang beralih dengan berbagai persoalan krisis katanya. Hal ini, pun menimbulkan persoalan terhadap dinamika politik di masyarakat. 

Baca Juga : Reformasi Politik

Karena dengan demikian, persoalan terkait dengan dinamika budaya masyarakat yang berlangsung sesuai dengan muncul persoalan yang berperan penting terhadap dinamika masyarakat secara berbeda.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close