Penataan Sosial Kesehatan Masyarakat Ditengah Dampak Global

4/09/2020

Ini merupakan bukan keberapa dalam menghadapi persoalan kesehatan sosial masyarakat, melalui berbagai metode social distancing. Jika diketahui bahwa, ini adalah salah satu metode yang masih baik, untuk pencegahan. Karena, dalam hal ini pengetahuan juga baik untuk diikuti.

Ketika memahami berbagai istilah dalam suatiud dasar dari sistem dinamika sosial budaya masyarakat, maka akan dipahami lagi bahwa pemahaman masyarakat luas tentang olahraga masih lebih banyak tentang keglamorannya, atlet-atletnya. Tidak paham tentang rumitnya di balik layar. 

Katanya, dalam hal ini tidak paham kalau orang-orang di balik layar itu kadang bekerjanya jauh lebih keras daripada yang dilihat publik, melalui berbagai kutipan dari paragraph tersebut.

Sementara, orang media olahraga pun sering tidak punya wawasan bisnis, wawasan ekonomi, untuk melihat industri olahraga secara holistik. Sebagai mantan wartawan dan komentator, saya berani bilang kalau menulis dan mengoceh bisa jauh lebih gampang daripada melakoni!

Di tengah pandemi virus Covid-19 ini, organisasi-organisasi olahraga terbesar dunia sedang menghadapi tantangan terberatnya. Bagaimana menyelamatkan musim tahun ini, bagaimana menata untuk tahun-tahun selanjutnya. 

Pandemi ini memaksa semua event/ajang olahraga berhenti. Yang mundur pun belum 100 persen yakin bakal berlangsung. Ada yang berharap Agustus/September sudah kembali normal. Ada yang bilang batalkan sekalian tahun ini demi mengamankan tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya. 

Di basket, yang terbesar di dunia ya NBA. Mereka secara mendadak harus menghentikan musim 2019-2020 Maret lalu, begitu ada pemainnya yang terkena Covid-19. Commissioner NBA, Adam Silver, menyebut keputusan lanjut atau cancelbaru akan dibuat paling cepat Mei nanti. 

Kemudian, yang akan dihadapi adalah mengenai sistem ekonomi global kita, dalam hal ini akan berdampak pada ketahanan masyarakat dalam menghadapi kondisi serta perubahan yang terus akan berdampak. Begitu juga, mengenai sistem tani masyarakat apakah masih bisa berlangsung dengan baik nantinya. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close