Penggerak Dari Suatu Masyarakat Melalui Teknologi

4/07/2020

Pandangan materialistik pada sistem teknologi merupakan bagian dari persoalan pada manusia yang menyebabkan manusia dipemudah melakukan efisiensi dan juga produktivitas.

Menurut Leslie White dalam perkembangan suatu budaya dan masyarakat ditentukan suatu kebudayaan dan masyarakat dengan penemuan teknologi dalam suatu masyarakat.

Kesadaran dalam suatu masyarakat mesti didasari atas pengetahuan dalam setiap penggunaan. Terutama hal ini berkaitan dengan sistem produksi. Hal yang sebenarnya dapat diketahui melalui persoalan di masyarakat sehingga mencerminkan dari mekanisme adaptasi yang dilakukan oleh manusia. Misalnya, dalam kegiatan produksi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dasar utama seperti makanan. 

Berdasarkan upaya yang dilakukan manusia tersebut maka seringkali memiliki mekanisme adaptasi yang dilakukan oleh manusia. Misalnya, dalam hal ini kegiatan produksi yang ditujukan untuk memahami berbagai perkembangan dan perubahan dalam sistem produksi utama di dalam suatu komunitas. 

Hal ini, dapat dilihat dengan berbagai pola interaksi sosial yang terjadi seperti dalam pengerahan sumber daya manusia yang ada dan juga dalam aktivitas distribusi serta surplus produksi mereka. Dengan begitu, berbagai hal terkait dengan sistem tersebut, untuk memahami karakteristik manusia itu sendiri. 


Pola interaksi seringkali muncul atas perkembangan dan perubahan dalam sistem produksi utama di dalam suatu komunitas. Maka, mereka tumbuh berdasarkan sistem dinamika masyarakat mereka, serta didukung dengan lingkungan yang baik. 

Dampaknya pada pengerahan sumber daya manusia yang ada dan juga dalam aktivitas distribusi surplus serta produksi mereka.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close