Superior Akan Kehadiran Kelompok Minoritas

8/21/2020

Kelompok mayoritas dapat diketahui dengan berbagai hal terkait dengan pola prasangka kepada kelompok yang berbeda. Yang dalam hal ini, akan dipahami dengan kelompok yang berbeda budaya (non-Barat) seperti yang telah dijelaskan oleh para ahli seperti Edward Said.

Apabila suatu kelompok melakukan proses absolutisasi diri seperti yang lebih superior maka kehadiran kelompok minoritas atau masyarakat yang dijajah akan dianggap sebagai kelompok inferior. Proses subordinasi dan eksklusi adalah konsekuensi logis dan modernisasi di Eropa Barat.

Berbagai pemahaman yang dapat dipahami dengan sistem perkembangan yang menyatakan bahwa kolonialisme merupakan bagi sarana Negara Barat untuk membantu Negara kolonial untuk menuju masyarakat yang lebih beradab.

Dengan memahami berbagai hal terkait dengan sistem budaya masyarakat, akan diketahui seberapa peran yang dilalui berbagai hal terkait dengan sistem sumber daya pada Negara Barat yang melakukan kesadaran kolektif masyarakat lokal serta menyebabkan mereka semakin bergantung dan tidak mampu melakukan resistensi.

Pandangan terhadap berbagai kelompok minoritas merupakan salah satu bagian dari persoalan yang tidak mampu melakukan kekerasan simbolik atau penjajahan ideologis terhadap peradaban non-Barat.

Berbagai pandangan mengenai hal ini terkait dengan sistem Negara Barat (oksidental) dalam menanamkan sebuah kesadaran inferioritas pada kelompok non-Barat (Oriental). Dengan meminjam pemikiran Michel Foucault, maka dapat dipahami dengan seksama bahwa konsepsi tentang masyarakat Barat yang maju dan berkelas, terutama dalam hal ini pada masyarakat yang kurang beradab, yang muncul pada hasil dari proses perkembangan ideologi dalam sejarah.

Upaya dalam memahami berbagai sistem proses terbentuknya secara ideologis ketika suatu kelompok kolonial yang tentunya memandu proses pembangunan masyarakat yang lebih rasional. Perubahan yang ingin dicapai justru akan berdampak ideologis yang berbeda.

Apa yang menjadi persoalan dalam hal ini, tentunya akan berdampak pada sistem sosial politik di masyarakat yang terbentuk sesuai dengan pandangan dalam sebuah ideologis.

                                                              

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close