Membangun Peradaban Pancasila Pada Masa Modern

12/06/2020

Kemajuaan pada masa globalisasi serta dampak terhadap pengguna dengan hilangnya nilai-nilai  makna pada Pancasila dengan begitu berbagai hal terkait dengan global, serta pengaruh wisatawan datang berdampak pada pengaruh global.

Hal ini, yang tentunya memang mengarah pada sistem teknologi, pengaruh masyarakat Bali dengan modernitas, serta budaya barat yang mempengaruhi budaya mereka terhadap berbagai kebudayaan yang mereka terapkan.

Pada masyarakat perkotaan tentunya memiliki dampak terhadap berbagai pemahaman yang dimiliki terhadap aspek kehidupan mereka pada masyarakat perkotaan, seperti Gotong-Royong. Perlu disampaikan bahwa berbagai kebudayaan akan saling mempengaruhi berbagai aspek di masyarakat yang berdampak pada pola prilaku masyarakatnya.

Sikap individualitas, mempengaruhi kebudayaan masyarakat, sehingga menimbulkan degredasi dibidang moralnya. Hal ini seringkali dalam sebuah sistem keamanaan di masyarakat, serta kriminalistas yang terjadi pada masyarakat Bali, hendaknya dipahami bahwa masyarakat Kalimantan Barat juga dapat memahami sistem keamanan  jika berlangsung di dalam suatu masyarakat.

Pada masyarakat Bali, dapat diperkirakan adanya kriminalistas pada masa 1-2 minggu dengan adanya akses keamanan pada suatu budaya masyarakat di Bali. Dengan memahami berbagai sistem keamanan yang tercipta hendaknya memiliki sistem dinamika masyarakat yang memang berdampak pada prilaku masyarakatnya dengan hendaknya memiliki berbagai aspek keagamaan yang tersampaikan.

Hal ini, yang mempengaruhi berbagai sistem budaya di masyarakat yang hendaknya memiliki pengaruh dengan aspek budaya di masyarakat. Seringkali hal ini, memiliki nilai terhadap sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab.

Maka, setiap sila yang terkandung memiliki makna terhadap sistem kebudayaan yang ada di masyarakat dengan memiliki aspek yang bernilai dalam setiap sistem budaya yang mereka terapkan di masyarakat.   

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close