Paham Ideologi Kiri, Pergerakan Politik Orde Baru

12/24/2020

Paham ideologi kiri dapat dipahami ketika pergerakan politik yang mengarah pada gerakan kiri. Hal ini  berawal dan bermula pada pembedaan kelompok di Majelis Nasional Perancis pada tahun 1789, pada masa awal revolusi. Pembedaan tersebut terus berlanjut dan diterapkan pada gerakan-gerakan yang radikal atau progresif.

Gerakan kiri menjadi salah satu spektrum politik yang pernah mewarnai sejarah Indonesia, termasuk gerakan marxis. Pemikiran dari Karl Marx sangat berpengaruh terhadap dunia dan terhadap bapak bangsa seperti Soekarno dan Tan Malaka.

Di Indonesia, gerakan kiri pernah terakomodir dengan salah satu partai yang paling dominan dalam ideologi kiri pada saat sebelum dan sesudah kemerdekaan, yaitu partai Golkar, selama presiden Soeharto berkuasa selama 30 tahun isu komunis terus digunakan sebagai alat politiknya untuk berkuasa dengan organisasi masyarakat tercipta ketika itu, serta membuat provokasi di masyarakat.

Ketika,  Partai Komunis Indonesia (PKI),  Partai ini dikatakan sebagai partai politik dengan ideologi komunisme terbesar kedua di Asia setelah Tiongkok. Perlawanan PKI terhadap penjajah pernah terjadi pada tahun 1928 dimana PKI sudah menggunakan kata Indonesia.

Dalam perjalanannya PKI semakin besar dan mendapat pendukung jutaan orang pada pemilu tahun 1955. Dengan berbagai kejadian kompleks dengan intrik politik yang terjadi, paham Komunis dan pendirian partai komunis dilarang dengan TAP MPRS XXV/1966.

Saat orde baru, gerakan kiri khususnya komunisme dilarang di Indonesia. Berbagai hal terkait politik pada masa itu tidak dibenarkan dengan berbagai sistem politik berlangsung, ketika hal ini tersampaikan bahwa berbagai gerakan kiri yang tercipta merupakan hasil dari persoalan gerakan yang disampaikan, di mulai dari tingkat masyarakat, organisasi serta berbagai ideology yang berkaitan dengan kepentingan politik.

Sementara sentiment agama terus berlangsung, dengan identik dengan atheis di langsungkan oleh para ilmuwan. Perdebatan panjang yang memang mengarah pada sistem tatanan politik di masyarakat seringkali menjadi salah satu persoalan dari pengaruh gerakan kiri, serta paham ideology yang bergerakan hingga saat ini.

Kemajuan organisasi masyarakat yang berlangsung pun, dimulai dari partai Golongan Karya, atau golkar serta berbagai hal terkait dengan kepentingan politik salah satu tokoh yang berkuasa di wilayah 
, sebagai Pejabat pemerintahan Kantor Bupati yang di pimpin oleh Firman Muntaco, yang sementara ini menjabat dengan organisasi masyarakatya Pemuda Pancasila.
 
 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close