Perubahan Sosial, Dan Budaya Berdasarkan Proses Di Masyarakat

6/20/2018

Perbedaan yang mendasar antara perubahan social dengan perubahan budaya merupakan dua bagian yang ada berdasarkan perubahan social dan budaya yang meliputi perubahan dalam perbedaan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat. Perubahan kebudayaan jauh kebih luas dari perubahan budaya, hal ini dikarenakan perubahan budaya meliputi ilmu pengetahuan, teknologi, aturan, organisasi, dan aspek lainnya. Karena, kedua hal tersebut saling berkaitan.

Perubahan social didefinisikan sebagai suatu proses yang melihat berbagai aspek dalam suatu system social dan kehidupan social. Hal ini, sering dijumpai perbedaan-perbedaan yang dapat diukur dalam krun waktu tertentu. Perubahan social adalah salah satu fenomena social yang ada dalam kehidupan masyarakat, yang tentunya hadir dalam bentuk yang khas.

Perubahan-perubahan yang terjadi merupakan kemajuan dan kemunduran suatu peradaban. Unsur-unsur kemasyarakatan yang mengalami perubahan biasanya adalah mengenai nilai-nilai social, norma social, pola social, organisasi social, lembaga social dan berbagai aspek yang ada terhadap perubahan social tersebut. Maka, perubahan social diartikan sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
Definisi lain dari perubahan social adalah segala perubahan yang terjadi dalam lembaga kemasyarakatan yang ada di dalam suatu masyarakat yang tentunya mempengaruhi system sosialnya. Tekanan, dalam definisi tersebut adalah pada lembaga masyarakat sebagai himpunan kelompok manusia dimana perubahan mempengaruhi struktur masyarakat lainnya.

Adanya, perubahan social sebenarnya karena ada perubahan dalam unsur-unsur yang mempertahankan keseimbangan masyarakat yang terjadi misalnya perubahan dalam unsur geografis, biologis, ekonomis dan kebudayaan. Sedangkan perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi dalam system ide atau gagasan yang dimiliki masyarakat, maka perubahan social juga bagian dari perubahan budaya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close