Peranan Suatu Lembaga Yang Bebas : Trias Politica

7/18/2018

Salah satu pemahaman yang berkembang dengan suatu pemikiran John Lock, dkk, dimana tujuan dari bentuknya suatu Negara tentunya melalui kesepakatan antarindividu untuk melindungi berbagai hak ini. Misalnya posisi, Negara sangat bertanggungjawab dengan keselamatan fisik. Begitu juga, setiap warga Negara yang lain.

Jika ada salah satu pemikiran politik yang menyebutkan bahwa ada sesuatu yang potensial terhadap kecendrungan penyelewengan. Hal ini, akan terlihat ketika pemilihan umum menjadi mekanisme yang paling lazim dan diterima dalam pengisi jabatan public.

Persoalan politik yang begitu berubah-ubah justru muncul sebuah dilema yang menimbulkan pemikiran untuk menjalankan roda pemerintaha. Apa yang dikemukakan Montesquieu dimana mengenal konsep trias politica memahami bahwa pemisahan merupakan bagian dari system politik yang telah diklasifikasikan.
Jika dari pemahaman trias politica dimana, sebagai pemisahan maupun pembagian kekuasaan, khusus untuk cabang yang harus dibebaskan dari turut bagian eksekutif, maka ada beberapa fungus lembaga yang dapat berfungsi sebagaimana seharusnya demi menjamin keadilan serta asas yang ditetapkan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close