Ekonomi Pedesaan : Menuju Pembangunan Sumber Pedesaan

8/15/2018

Pandangan yang baik mengenai ekonomi, tentunya dimulai dari strategi yang diterapkan berdasarkan ide kebudayaan. Yang dimaksud dalam hal ini, adalah mengenai masalah pembangunan. Dimana, ekonomi dapat dipahami sebagai membangun nilai budaya dalam pandangan ekonomi terdahulu.

Pembangunan pertanian pedesaan misalnya, dibangun dengan system koperasi yang dianggap sesuai dengan nilai-nilai tradisional. Mengenai koperasi berasal dari ekonomi pedesaan yang berkembang melalui ekonomi modern yang sebelumnya asing bagi masyarakat pedesaan.
Jika lebih modernisasi, dan mengikuti perkembangan Barat, dikenal sebagai industrialisasi. Tetapi, masyarakat harus mengetahui syarat-syarat perubahan social agar proses industrialisasi bisa berlangsung. Demikian pula, mereka harus mengetahui konsekuensi proses industrialisasi terhadap perubahan masyarakat dan kebudayaannya.


Maka, dalam hal ini masyarakat dituntut dapat menyesuaikan pandangan hidupnya dengan proses industrialisasi terhadap perubahan yang terjadi melalui tingkat dasar di masyarakat, untuk terus berkembang. Begitu banyak ahli, seperti Soedjatmoko mengatakan bahwa pembangunan ekonomi adalah bagian terpenting tugas revolusi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close