Revolusi Sosial

9/06/2013

Dewasa ini perkembangan zaman berjalan dengan sangat cepat, seperti hal nya masa sekarang segala hal lebih mudah dan simpel. Tetapi timbul pertanyaan pernahkah anda sekalian menyadari bahwa jika tidak dilakukan dengan bijak dengan adanya revolusi sosial maka kemajuan ini merupakan kemunduran yang berlangsung seperti bom waktu, yang mungkin nantinya akan membawa kita ke hal-hal yang harusnya tidak perlu terjadi.


Ini hanya opini saya semata, tetapi coba amati, dimasa sekarang ini komunikasi dapat kita lakukan dimana saja dan kapan saja kita inginkan tanpa terbatas oleh ruang dan waktu, berbeda dimana beberapa dekade yang lalu untuk komunikasi jarak jauh itu masih merupakan hal yang langka dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Seperti masa sekarang ini, dimana komunikasi yang begitu instan baik melalui percakapan telpon/handphone, sms, bbm dan segala macam jenis messenger lainnya mengakibatkan kita mulai lupa bahwa suatu komunikasi itu tercipta karena adanya interaksi antara pembicara dan lawan bicara.

Tanpa disadari atau tidak komunikasi verbal dimasa yang lampau hanya dapat terjadi jika pembicara dan lawan bicara bertatap muka langsung sehingga terciptalah suatu aturan tatakrama baik yang tertulis dan tidak tertulis dalam memulai suatu pembicaraan.

Untuk itu poin yang saya maksudkan adalah dimasa sekarang cenderung sedikit berani untuk berbuat diluar aturan tidak tertulis tersebut dalam memulai suatu komunikasi, sekarang ini banyak sekali umpatan-umpatan yang tidak mengenakan yang tertulis didalam jejaring-jejaring sosial yang memungkinkan memiliki efek domino yang akan berkaitan satu sama lain.

Dahulu mungkin umpatan-umpatan itu ada tetapi hanya dikonsumsi oleh orang-orang disekitarnya saja, sehingga kecil kemungkinan menyebar luas. Tetapi dimasa sekarang, hal itu menjadi konsumsi massa yang bisa dilihat, dicermati dan mungkin saja disalah artikan secara global, karena memang memungkinkan untuk itu. 

Maka, kemajuan suatu hal sebenarnya amat sangatlah baik jika kita menerapkannya untuk hal-hal yang baik, tetapi kita jangan lupa kemajuan itu juga akan mengakibatkan berlipat-lipat kali lebih buruk jika diterapkan untuk hal-hal yang tidak baik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close