Sosiologi Menurut Herbert Spencer

2/18/2018

Herbert Spencer menguraikan materi sosiologi secara rinci dan sistematis di Halam bukunya yang berjudul The Principles of Sociology . Menurut Spencer, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai hakikat manusia secara inkoporatif dengan pendekatan makro yang bertitik tolak pada manusia. Sosiologi dalam hal ini merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari semua gejala yang muncul dari perilaku manusia secara bersama-sama.



Menurut Spencer yang dikutip oleh Soerjono Soekanto (1990), bahwa objek sosiologi yang pokok adalah keluarga, politik, agama, pengendalian sosial, dan industry. Sedangkan objek tambahannya adalah asosiasi, masyarakat setempat, pembagian kerja, lapisan sosial, sosiologi pengetahuan dan ilmu pengetahuan, serta kesenian dan keindahan.

Dalam hal ini Spencer mengingatkan bahwa sosiologi juga harus menyoroti hubungan antara unsur-unsur yang ada dalam masyarakat yang tetap dan harmonis, serta merupakan suatu integrasi, seperti pengaruh norma-normatersebut diatas terhadap hubungan antara lembaga. Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa yang dipraktikan merupakan wujud antara lain etika dan peradaban yang terdapat dalam masyarakat.

Pandangan-pandangan Spencer tentang sosiologi tentunya dipengaruhi oleh biologi, demikian pula pengambilan contohnya dipengaruhi dunia hewan. Demikian juga, dengan teori-teori sosiologi, banyak dipengaruhi oleh ajaran dan teori bidang biologi dalam arti luas. Pertumbuhan dalam disiplin ilmu menarik diperhatikan terutama terhadap factor-faktor biologis di dalam perilaku manusia.

Jika dilihat interaksi biologi dan kebudayaan tentunya mempengaruhi perilaku manusia yang dimulai dengan perkembangan masyarakat manusia. Banyak ahli masyarakat menganologikan manusia dengan organisme. Dalam hal ini, Herbert Spencer berusaha memajukan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan antara lain melalui pemahaman pada pentingnya pendekatan bagi seluruh gejala yang ada serta meningkatkan pendekatan bagi pengkajian kehidupan sosial. Disamping itu juga, Spencer juga, terus berusaha mencari sumber dan menganalisis perkembangan aneka ragam ide yang tersirat di dalamnya, begitu juga dengan fenomena dan hukum-hukum/universal mengenai evolusi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close