Filosofis Intervensi Sosial

11/21/2013

Filosofis Intervensi Sosial


Konsep Filosofis terlahir dari nilai-nilai masyarakat yang dijadikan pedoman hidup bermasyarakat. Apa yang dikatakan dari Robin Williams yang terkutip dari Sheafor dan Morales bahwa Nilai-nilai  memiliki unsure konseptual, mengapa? hal ini dikarenakan nilai-nilai tersebut tidak hanya sekadar sensasi, emosi, refleksi, atau yang disebut dengan kebutuhan. Nilai-nilai merupakan suatu abstraksi yang diturunkan dan terus berubah-ubah dari pengalaman individu itu sendiri.


Kemudian, nilai-nilai yang berunsur secara afektif, dimana mereka mewakili mobilisasi emosional yang aktual atau potensial. Disamping itu juga, nilai-nilai bukan suatu tujuan akhir yang nyata, tetapi lebih condong pada suatu criteria yang digunakan untuk menjadi tujuan akhir. Dan nilai-nilai tersebut merupakan suatu hal yang penting yang tidak dapat disepelekan, karena nilai-nilai yang dijadikan landasan dan dimanfaatkan dalam upaya membantu orang lain melalui intervensi berkaitan dengan : Konsepsi manusia, Produk Manusia dan alat bantu untuk menjadi pedoman perlakuan terhadap sesama manusia.

Ketiga nilai-nilai tersebut dapat diamati dalam kehidupan dan pengalaman hidup yang terus berlangsung kita hadapi. Untuk mencapai hal itu, dibutuhkan suatu proses yang menghantarkan suatu individu dalam mengembalikan keberfungsian sosial.

Oleh : Noveria

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close