Pengertian Sosialisasi

8/23/2017

Sosialisasi  merupakan factor dan proses yang membuat setiap manusia menjadi selaras ditengah-tengah masyarakat. Hal ini dapat dilihat ketika melakukan sosialisasi dengan baik, sosialisasi dapat dipahami sebagai suatu proses dimana seseorang menghayati (inter-nalize) norma-norma kelompok, dimana ia hidup sehingga timbullah diri yang unik. Pada dasarnya sosialisasi ialah proses mempelajari kebiasaan dan tata kelakukan untuk menjadi bagian dari suatu masyarakat. 

Berdasarkan para ahli sosialisasi dapat diartikan :

@copyright.images.google.com
1   Soerjono Soekanto, sosialisasi ialah proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berprilaku yang sesuai dengan prilaku orang disekitarnya.

2   Peter L. Berger, Sosialisasi ialah proses pada seorang anak yang sedang belajar menjadi anggota masyarakat, adapun yang dipelajarinya ialah peranan pola hidup dalam masyarakat yang sesuai dengan nilai dan norma-norma maupun kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat.

Dalam hal ini, pemahaman mengenai sosialisasi dapat disimpulkan sebagai proses belajar untuk penyesuaian diri di masyarakat. Proses belajar penyesuaian diri manusia ini berlangsung dalam proses yang lama dan bertahap sejalan dengan perkembangan pergaulan hidup manusia, yaitu mulai dari tahap anak-anak, dewasa dan tua.

Untuk memahami lebih jelas bahwa sosialisasi tahap pertama (Preparatory Stage), tahap ini merupakan tahap pengenalan lingkungan sosialnya. Kemudian, tahap kedua (Play Stage), tahap ini merupakan tahap kedua dari tahap pertama yaitu pada tahap ini anak mulai meniru dengan baik lagi atau sempurna. Tahap ini, lebih menjelaskan apa yang diharapkan dari dirinya  dan peranan dimiliki orang lain.

Dan, Tahap ketiga, tahap siap bertindak (game stage), pada tahap ini, anak mulai bersikap mandiri, serta tingkat interaksi meningkat sehingga mampu mengambil peranan dalam masyarakat yang lebih luas. Yang terakhir, tahap penerimaan norma kolektif (generalized other), tahap ini merupakan salah satu bagian seseorang untuk dapat menempatkan diri pada masyarakat yang lebih luas, berinteraksi secara luas begitu pun dengan tenggang rasa.


Dengan memahami bagian terpenting didalam masyarakat maka, tahapan dalam hal ini dapat dipahami sebagai bagian dari suatu bagian yang ada dimasyarakat, maupun dari berbagai media-media yang ada dilingkungan sekitar.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close