Keademan Bersama Untuk Sebuah “Istilah”

10/17/2017

Sebelum dan sesudah Indonesia merdeka, banyak hal yang menjadi pekerjaan rumah bagi Negara untuk dibenahi. Setiap kata bagi masyarakat atau istilah bagi masyarakat penduduk asli dan pendatang terutama dalam hal ini, tentunya masih  dalam proses untuk  membenahinya. Hal ini tentunya, banyaknya polemic yang terjadi ketika itu, sehingga persoalan yang ada pada penduduk dengan menggunakan istilah yang ada di masyarakat harus menjadi suatu hal yang harus dihapus.

@copyright:images:google.com


Hal yang akhir-akhir terjadi saat ini, tentunya harus menjadi pembaharuan, agar tidak adanya peristiwa-peristiwa dimasa lalu terjadi. Dengan begitu, apa yang terjadi dan menjadi moment penting ketika itu, perlahan dapat menjadi suatu catatan yang memang perlahan harus dimengerti. Pemahaman seperti ini tentunya, harus membawa angin segar bagi kita, masyarakat Indonesia seluruhnya.

Dengan begitu, apa yang dicapai dalam ini tentunya membawa perubahan yang begitu besar bagi kita dalam menangani persoalan bangsa. Tak banyak yang dapat dikira jika hal-hal yang tidak diinginkan kembali terjadi. Setiap peristiwa yang terjadi, setidaknya harus menjadi suatu perubahan bersama dalam menyingkapi “apa yang terjadi ketika itu” ketimpangan apa yang terjadi ketika itu pula. Dengan demikian, persoalan yang terjadi di masa lalu, dapat terselesaikan dan setiap moment politik yang ada dapat membawa kedamaian bersama.


Setiap hal yang berkaitan dengan perubahan,  menjadi salah satu tugas bersama bagi berbagai pihak untuk perpartisipasi dalam mewujudkan apa yang dicita-citakan bersama, baik itu dalam hal pembangunan sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun birokrasi. Hal ini, agar apa yang menjadi persoalan dalam penghambatan pembangunan perlahan dapat dibangun kembali berdasarkan kesepakatan bersama. Dengan demikian, apa yang yang menjadi identitas masyarakat Indonesia tentunya telah diberlakukan berdasarkan apa yang ditetapkan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close