Kebijakan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk pembangunan di berbagai sector

10/16/2017

Secara realitas dinyatakan tentang kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan ekonomi. Jika kita melihat bahwa kerja sama dengan berbagai pihak harus tetap dalam batas-batas yang tidak mengakibatkan ketergantungan secara terus menerus serta tidak merugikan kepentingan nasional.Pembangunan nasional tentunya sangat dalam karena akan tercermin suatu kemampuan dan kekuatan sendiri dalam bekerja sama dengan pihak diluar negeri.
@copyright:images:google.com 
Misalkan dalam hal ini, dalam pengaturan perundangan kerja sama dengan berbagai pihak dan tetap pada kepribadian bangsa. Dalam konteks alih teknologi ini bearti meningkatkan kapasitas penyerapan teknologi dengan menaikan tingkat kemampuan teknologi nasional. Tanpa, mempunyai kebijakan nasional yang dirumuskan secara tegas, pada pemimpin pemerintah khususnya. Dalam alih teknologi tidak dapat berlangsung hanya melalui pemahaman teori baik itu penguasaan teknologi secara teori dan praktek dilapangan, yaitu laboratorium pilot projects dan di pabrik.

Dengan mengenal konsep transformasi teknologi dan industri pada dasarnya merupakan penajaman dari konsep industrialisasi secara menyeluruh. Dalam hal ini, telah diusahakan terubosan dalam bidang strategis yang didasarkan pada penguasaan IPTEK melalui kegiatan produksi yang nyata. Dengan demikian, yang mesti diperhatikan juga bahwa penguasaan teknologi secara actual dalam praktek di industri atau untuk pengembangan fasilitas riset yang diarahkan pada produksi yang mempunyai dampak pembangunan yang nyata. Hal ini, guna mendukung para ahli yang memang mampu dan menciptakan suatu inovasi yang mendukung kebutuhan yang ada di masyarakat.

Minimnya inovasi tentunya akan menghambat pembangunan, dimana kebutuhan yang hingga kini masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemangku kebijakan dalam melihat kondisi yang ada di masyarakat. Dengan menjawab tantangan zaman, tentunya tak hanya politik yang menjadi moment penting yang harus dipantau. Tetapi, dalam berbagai segi seperti berbagai sector menjadi bagian dalam suatu kebutuhan yang harus terus dibenahi. Dengan demikian, peranan teknologi dapat mengarahkan dalam kegiatan investasi dibutuhkan sesuai dengan kondisi yang ada di masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close