Dinamika Partisipasi Politik di Indonesia

11/22/2017

Jika memahami kerangka analisis system, partisipasi politik merupakan bentuk-bentuk kegiatan yang termasuk dalam input terhadap konversi. Input dalam analisis system menjadi energy yang menggerakkan system untuk bekerja, hal ini dikarenakan masukan masyarakat terhadap kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh konversi. 

Dengan begitu, konversi bertujuan untuk mengetahui kebijaksanaan mana yang diterima atau tidak diterima oleh masyarakat sehingga dapat segera melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu. 

Bekerjanya suatu system tentunya dipengaruhi oleh lingkungan yang terdapat di dalam sistem maupun luar sistem. Namun, pengaruh lingkungan dalam lebih terasa melalui partisipasi politik di dalam sistem, karena berkaitan dengan karakteristik masyarakat yang melakukan partisipasi itu sendiri. Misalnya, budaya politik yang menentukan pola-pola pikir dan prilaku masyarakatnya, termasuk pola-pola partisipasi politik.

Dengan melihat fenomena perpolitikan di Indonesia, tentunya hal ini harus dikontrol dalam berbagai bentuk dari suatu sistem yang ada, terutama sistem yang mengatur keterlibatan yang telah ada, dengan demikian, control yang ada dapat memberikan dampak positif dalam menghadapi politik yang ada disetiap wilayah. 

Karena, sebagai Negara berkembang khususnya Indonesia tentunya bentuk partisipasi politik memiliki karakteristik dan akan mempengaruhi kadar partisispasi.

Selanjutnya, salah satu fasilitas yang dapat memungkinkan berlangsungnya partisipasi politik adalah adanya suatu sistem komunikasi yang lancar dalam masyarakat dan sistem politik. Kemudian, pendidikan merupakan salah satu bagian dalam bentuk karakteristik, sosialisasi, kemudian menanamkan nilai-nilai yang baru.

Bagaimana dengan pendidikan politik di pelosok negeri, atau yang disebut Desa? Dalam hal ini, pendidikan politik harus dapat diberikan sesuai dengan ketepatannya yang tentunya dapat menjadi bagian yang tepat.

Karena, perbedaan dalam menanggapi suatu nilai-nilai politik di masyarakat tentunya suatu seni dalam gambaran, misalnya apa sih politik itu? Dan bagaimana jika berpartisipasi. Dalam hal ini, tentunya harus menjadi salah satu bagian dalam menanggapinya, teruatama terkait dengan masukan-masukan yang ada di masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close