Menelisik Disetiap Sudut Hutan dan Masalah Lingkungan Yang Terjadi di Indonesia

11/19/2017

Ketika melihat masalah lingkungan tentunya yang menjadi acuan utama yaitu, mengenai hutan. Jika dilihat kembali, bagaimana sector primer (pertanian dan pertambangan) dan sector sekunder (industri) di Indonesia tidak hanya membawa implikasi sosial ekonomi, tetapi juga implikasi terhadap lingkungan hidup baik positif dan negatif. 

Sebagian Negara yang baru tumbuh, berkembang dan pertumbuhan ekonomi yang cepat bisa membawa implikasi yang serius terhadap lingkungan. Hal ini tentunya, berkaitan dengan kebijakan serta infrastruktur.

Jika melihat kembali bahwa persoalan lingkungan tentunya menjadi persoalan serius yang harus ditangani. Proses deforestasi misalnya yang berlangsung tinggi akan mengancam penyediaan bahan kayu dasar dan produksi hutan sekunder. 

Selain itu, bisa mengurangi pelayanan lingkungan seperti proteksi sumber mata air dan preservasi habitat alam yang tinggi. Persoalan yang biasa terjadi melalui kebijakan yang tetapkan tentunya seperti persoalan  transmigrasi, dan pemberian Hak Pengusahaan Hutan (HPH) tetapi juga akibat aktivitas masyarakat baik individu maupun kelompok.

@copyright:images:google.com
Dengan tingkat deforestasi yang tinggi mengakibatkan menurunnya daya kemampuan hutan untuk menjalankan fungsi ekologisnya sehingga bisa menimbulkan masalah-masalah lingkungan yang serius seperti erosi dan penurunan kualitas lahan, berkurangnya keragaman hayati (biological diversity), dan kenaikan suhu bumi (global warming).

Kemudian, proses deforestasi juga terjadi pada hutan bakau, kemudian pengembangan tambak, dan produksi garam. Selanjutnya, perluasan jalan, pembuatan dan pelebaran jalan, serta aktivitas penduduk sekitar untuk kayu bakar, dari hal itu dapat membawa dampak lingkungan tersendiri.

Kinerja pemerintah Indonesia saat itu tentunya penting dan perlindungan ekosistem hutan tropis Indonesia yang mempunyai peranan penting dalam memelihara ekosistem dunia, dan mengandung banyak keragaman hayati dunia yang masih tersisa. Untuk kepentingan tersebut, Indonesia telah menyisihkan berjuta-juta hektar lahan, baik itu untuk taman nasional dan cagar alam.

Kemudian, untuk melindungi hulu sungai utama maka disediakan juga berjuta-juta hektar sebagai hutan lindung, begitu juga dengan pertanian, yang saat ini telah dijalankan melalui program dan kebijakan yang telah dilakukan, begitu juga dengan konservasi laut. 

Dalam hal tersebut, maka harus dikelola dengan tepat, terutama dalam memperhatikan distribusi rencana tersebut di seluruh Indonesia, sehingga apa yang direncanakan dapat membantu menjaga ekosistem alam dan keragaman  hayati. 

Sumber :Sistem Politik dan Budaya Indonesia, Dalam Masalah-masalah Lingkungan di Indonesia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close