Menyingkapi Peran Teknologi Masa Kini “Persoalan Pak Ahok”

11/28/2017

Peran teknologi kali ini begitu penting dalam menyebarkan informasi, sebagai media yang menyediakan ruang diberbagai lini tentunya dapat memberikan manfaat dalam akses. Penyebaran informasi yang positif tentunya adalah bagian dari penyebaran informasi yang sehat. Bagian ini penting, agar apa yang diinformasikan dan disebarkan ke masyarakat luas.

@copyright:images.google.com
Hal yang harus diperhatikan dalam menyebarkan informasi di media, seperti smartphone, Facebook dan lainnya, tentunya harus dimaksimalkan. Tetapi, hal ini agar menjadi bagian dalam ruang public yang menjadi konsumsi informasi yang tak terbendung. Memperhatikan, ruang sebagai media informasi yang tak terbendung ini tentunya menjadi bagian dalam menghadapi persoalan globalisasi, terutama dalam era digital.

Era digital mengharuskan masyarakat untuk dapat melihat bagaimana teknologi, pengetahuan dan informasi bekerja secara dunia. Yang tak dapat dipastikan kapan, hal tersebut berlangsung. Dengan demikian, persoalan yang ada di masyarakat dapat menjadi bagian dalam penyebaran informasi yang secara pasti dapat diakses diberbagai lini. Ruang public misalnya, dapat dipahami sebagai tempat untuk bersosialisasi. Tetapi, ruang public seperti apa?. Persoalan yang ada di masyarakat, maupun tingkat atas tentunya harus menjadi media yang dapat terkontrol dengan baik “penggunaannya”.

Tetapi, hal yang sangat disayangkan ketika era digital ini banyaknya pengguna-pengguna menggunakan hal tersebut sebagai konflik, seperti menyebarkan informasi penghujat kebenciaan, isu negative, dan persoalan-persoalan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan duduk bersama-sama musyawarah mencapai mufakat tetapi malah disebarkan sehingga membawa aroma tidak baik untuk dibaca. Seperti kasus Pak Ahok di Ibu Kota Negara. Persoalan-persoalan seperti itu tentunya harus disingkapi dengan bijak, ketika politik menjadi peran, maka bagi orang-orang berkepentingan tentunya akan menyingkapi hal ini sebagai lawan politik. Meskipun demikian, dalam menghadapi persoalan seperti itu maka masyarakat harus bijak dalam mengakses informasi.

   

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close