Aspek Penataan Tata Ruang Kota

12/19/2017

Penataan ruang perkotaan merupakan salah satu bagian dari isi dari suatu kota. Kali ini, diakhir tahun masyarakat kota khususnya kota Pontianak disambut dengan genangan air. Ada di beberapa titik banjir yang terjadi di Kota Pontianak, salah satunya jalan menuju pasar flamboyan. Ada yang salahkah dengan parit disebelah pasar itu?.

Pengaruh yang begitu besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan kota tentunya masih bisa dilihat dari fisik kota. Meski sebenarnya masih ada banyak persoalan termasuk dalam keadaan kondisi di masyarakat di dalamnya. Hal ini tentunya, dapat dilihat juga bahwa perkembangan kota dapat ditunjukan dari karakteristik selama pertumbuhan dan perencanaan. Karena, proses historis dan dinamika perubahan menyertai terbentuknya sebuah kota.

Baca Juga:
~Klasifikasi Kota
~Bagaimana Kehidupan Lokalitas Perkotaan
~Pandangan Konsumerisme Masyarakat di Perkotaan
~Mengenal Ruang-ruang di Perkotaan Dalam Perubahan Sosial-Budaya

Perkembangan dan pembangunan kota memberikan berbagai pengaruh bagi masyarakat secara luas, baik secara positif maupun negatif. Jika dilihat dari sisi masyarakat mungkin akan terdampak, tetapi pengaruh dari persoalan perencanaan pembangunan kota dapat dilihat dari sisi historis dan sosial masyarakat. Untuk memahami suatu kota tentunya yang bisa dijelaskan dalam hal ini, mengenai dampak perkembangan kota dapat bersifat 1. Generatif atau memberikan dorongan perkembangan ekonomi dan kebudayaan masyarakat sekitarnya atau Negara. 2. Parasit atau memberikan pengaruh yang merugikan bagi daerah sekelilingnya atau Negara.

Dalam satu sisi tertentu yang harus diperhatikan dalam sejarah perkembangan kota tentunya tidak dapat dilepaskan dari masuknya elemen “ruang” dalam analisa akan perubahan dan transformasi sebuah masyarakat. Menurut Mark Gottdiener, ada 4 karakteristik dalam the social production of urban space yang menjadi tolak ukur sejarah perkembangan kota.

1. Relasi spasial maupun relasi temporal (historis) merupakan aspek intrinsic dalam masyarakat. Hubungan antara satu ruang dengan ruang yang lain dari masa ke masa merupakan bagian integral dari masyarakat.

2. Fenomena geografis dan demografis merupakan cerminan dari proses tarik menarik dari relasi sosial.

3. Mesin bisa dianggap modal-modal produksi dalam sistem ekonomi yang kapitalistik yang mewarnai kota, namun hubungan tersebut tidak otomatis maupun statis.

4. Proses produksi ruang kota tidak hanya merupakan proses perubahan struktur ruang, tetapi juga melibatkan peranan aktor-aktor yang memiliki pilihan untuk mengikuti struktur yang berubah tersebut atau bahkan ikut merubah struktur.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close