Makna Jeruk Mandarin “Filosofi Tradisi Tionghoa”

12/02/2017

Jeruk dalam bahasa Mandarin disebut dengan “Chi zhe” artinya rezeki dan “zhe” berarti buah. Jadi jika digabungkan, jeruk memiliki arti buah pembawa rezeki, warna oranye  yang cantik ini sangat indah dipandang. Jeruk melambangkan rezeki, dan warna cantinknya beragam rasanya ada yang berwarna asam dan manis. Demikian juga kehidupan manusia dari sesuatu yang kita perbuat, tetapi jangan lupa jika ada kenangan manis yang bisa dipetik dan peroleh.

Konon disebut jeruk mandarin karena pada jaman dahulu buah ini hanya disediakan untuk para pejabat di Tiongkok kuno. Saat ini jeruk mandarin sangat mudah dijumpai di pasaran. Saat perayaan Imlek tiba, masyarakat Tionghoa akan membagikan makanan ke sanak keluarganya dengan maksud agar rezekinya terus bertambah. Salah satu makanan yang dibagikan adalah jeruk mandarin ini.


“Ibarat rezeki itu datang dari usaha dan kerja dapatkan sesuatu harus disyukuri dan kembali berbuat kebajikan, agar bila pada saatnya tiba semua rezeki dan kebahagiaan tidak akan pernah habis dan terus mengalir.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close