Mengenal Bagaimana Fenomena Budaya Politik Indonesia

12/11/2017

Budaya Politik dilakukan agar kita dapat mengenal karakter atau atribut yang fundamental untuk menguji proses yang berlanjut maupun yang berubah, dengan sejalannya proses perkembangan dan perubahan sosial maka budaya politik merupakan pola tingkah lagu individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.

Budaya politik adalah persepsi dan pola singkap manusia terhadap berbagai masalah dan peristiwa politik serta terbawa ke dalam pembentukan struktur dan proses kegiatan politik masyarakat maupun pemerintahan. Ketika suatu sistem berjalan begitu dinamis  maka hubungan antara manusia yang menyangkut soal kekuasaan, aturan dan wewenang (Kantaprawira, 1999:24-6).

Untuk memahami klasifikasi budaya politik telah dilakukan secara klasik oleh ahlinya, yang bernama Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell. Mereka membagi budaya politik dalam Budaya politik parochial, dimana budaya ini terjadi dalam masyarakat yang tradisional dan sederhana, peran ini seringkali melakukan peranannya bersamaan dengan peranannya dalam bidang keagamaan, ekonomi.

Kemudian, Budaya politik subjek/kaula dimana budaya politik subjek terjadi ketika anggota masyarakat telah memiliki minat, perhatian, dan kesadaran terhadap sistem sebagai keseluruhan khususnya terhadap segi outputnya. Selanjutnya budaya politik partisispan, Budaya ini dicirikan oleh adanya prilaku yang berbeda dari prilaku sebagai subjek dan anggota masyarakat menganggap dirinya ataupun orang lain sebagai anggota aktif dalam kehidupan politik.

Banyaknya para ahli menjelaskan bagaimana budaya politik itu bekerja, diantaranya yang mesti diketahui bahwa Budaya politik menurut  Ranney (1996), seperti orientasi kognitif dimana setiap orang atau kelompok dalam sistem politik telah memiliki pengetahuan dan juga kesadaran terhadap sistem politik mereka, kemudian preferensi politik dimana adanya rasa suka atau tidak suka seseorang atau kelompok terhadap hal-hal tertentu dalam sistem politiknya, sehingga menimbulkan keperpihakannnya kepada suatu kelompok.

Baca Juga : 
Melihat Dagelan Politik Indonesia
~Dinamika Partisipasi Politik di Indonesia

Budaya politik yang begitu dinamis tersebut, tentunya menjadi bagian dalam perkembangan politik di Indonesia. Sistem dan tatanan yang begitu dinamis ini tentunya muncul suatu kebudayaan politik yang begitu beragam. Hal ini akan disadari ketika momen-momen politik ini berjalan diberbagai wilayah yang ada di Indonesia. 

Keberagamaan dalam berpolitik inilah, menjadi salah satu demokrasi Indonesia yang harus berjalan dengan baik, aman dan transparan. Dan yang harus diperhatikan, ketika budaya politik tersebut berlangsung harus menjadi tolak ukur suatu demokrasi yang dapat melihat keragaman suatu masyarakat itu sendiri.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close