Pemahaman Mengenai Ilmu Ekonomi Politik

12/13/2017

Para ahli ekonomi politik melihat bahwa dalam hubungan antara Negara dan pasar terdapat struktur atau anatomi, nilai-nilai, kebutuhan dan kepentingan yang bervariasi, yang pada gilirannya dapat menimbulkan interaksi yang beragam antara Negara dengan pasar. Penjelasan singkat di atas pada dasarnya memberikan gambaran bahwa pembagian sistem ekonomi ke dalam kapitalisme dan sosialisme merupakan penyederhanaan masalah (simplifikasi).

Dalam praktiknya yang harus diperhatikan, jelas bahwa sejumlah Negara tertentu sulit untuk dapat dikategorikan dalam kapitalisme maupun sosialisme. Disinilah letak pentingnya studi tentang ekonomi politik, dan untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara ekonomi dengan politik.

Jika untuk memahami Kapitalisme yang merupakan suatu sistem ekonomi, dimana peranan Negara di dalam ekonomi minimal, sebaliknya hampir seluruh solusi terhadap masalah ekonomi diserahkan kepada pasar. Sedangkan sosialisme merupakan sistem ekonomi di mana olusi terhadap permasalah ekonomi seluruhnya atau sebagai besar diserahkan kepada Negara. Dalam sistem sosialisme, sering kali sector swasta diberikan kesempatan untuk berpartisipasi  dalam sistem Ekonomi.

Namun, dalam hal ini ruang geraknya dibatasi oleh ketentuan yang dibuat oleh Negara sehingga peranannya di dalam proses produksi dan distribusi tidak dapat menjadi dominan sebagaimana dalam sistem kapitalisme. Dalam konteks analisis sistem, ekonomi politik merupakan bagian dari lingkungan dalam mempengaruhi dinamika sistem politik. Interaksi antara ekonomi dan politik tidak terlepas dari proses input dan output di dalam sistem politik.

Dengan melihat pengaruh ekonomi politik merupakan bagian dari pengaruh ekonomi terhadap prilaku politik pada dasarnya dapat dikategorikan sebagai bagian dari proses input dalam alur sistem politik. Sebaliknya, pengaruh politik terhadap ekonomi dapat dikategorikan sebagai proses output dalam alur sistem politik. Namun, dalam melihat persoalan dimana interaksi antara pelaku  ekonomi dengan pejabat politik demikian erat dalam mengeluarkan kebijakan yang menguntungkan kepentingan ekonomi keduanya. 

Maka, kajian ekonomi politik pun dapat meliputi bagian proses konversi dalam analisis sistem.

Pemahaman, mengenai penting untuk diketahui bahwa sistem suatu Negara, akan berjalan dengan semestinya, jika ekonomi dan politik dapat diatasi dengan persoalan yang kini menjadi perhatian penting terhadap pelaku ekonomi dan para pemangku kebijakan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close