Antara Ruang Publik Dan Ruang Sosial Politik

1/05/2018

Sarana infrastruktur untuk masyarakat telah menjadi bagian dalam proses pembangunan, memanfaatkan dengan bijak dan baik tentunya menjadi sarana untuk digunakan sebaiknya. Hal ini menjadi bagian dalam proses pembangunan manusia. Apa yang menjadi rencana, tentunya ruang politis menjadi salah satu bagian dalam mewujudkan dalam mencapai apa yang diimpikan.

Dengan memahami konteks ruang public yang ada di masyarakat, tentuya sudah difasilitasi dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Persoalan yang ada di masyarakat khususnya diperkotaan, tentunya dibutuhkan pembenahan yang terarah berdasarkan makna dari kajian sebuah kota. Kota yang bersih misalnya, dapat dilihat dari apa yang sudah dibenahi oleh pemangku kebijakan.

Disitulah takhta masyarakat berada dalam meningkatkan akses dan kebutuhan public. Perlu diketahui, ketika ruang politik dibuka secara terbuka, tentunya yang mesti dipahami bersama bahwa masukan untuk menata kebijakan berikutnya harus segera dilihat kembali. Hal ini, mengingatkan bahwa persoalan yang terjadi di masyarakat tentunya menjadi perhatian bersama.

Setiap kebijakan dalam penataan kota misalnya, dimana ruang public yang telah digunakan secara terbuka pula menjadi salah satu bagian dalam menjaga kesehatan public. Berhubung, masyarakat saat ini masih dalam penyesuaian dalam menghadapi persoalan yang ada. Dengan demikian, yang mesti dipahami bahwa kesehatan public itu lebih terpenting dalam menjaga sumber daya manusia yang baik.


Terkadang, hal ini tidak diperhatikan ketika sindrom politik di lokal dan nasional terjadi pada masyarakat kita. Memang konteks ini sulit untuk dibendung, dimana dalam hal ini akal sehat juga dibutuhkan dalam memperbaiki kondisi-kondisi yang ada. Masih perlu diperhatikan, ketika apa yang menjadi pembenahan kita bersama tentunya harus menjadi pertimbangan dalam menentukan kebijakan yang seadil-adilnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close