Budaya Dalam Konteks Keagamaan

1/05/2018

Indonesia memiliki banyak ragam budaya yang kaya akan adat istiadat, tradisi, dan lain sejenisnya. Ketika Indonesia merdeka dan seterusnya, maka dapat dirasakan kekhasan ragam budaya yang ada di Indonesia. Semua dikaji dengan seksama, bahwa banyaknya budaya yang ada di Indonesia membuat kaya akan tradisi yang diciptakan. Tetapi, yang menarik diketahui bahwa ada hal yang lebih indah yatu keindahan alam Indonesia, dimana para turis mancanegara dapat menikmati fenomena alam di Indonesia.



Menarik ketika agama menjadi salah satu pembanding, pada masa tren modernisasi saat ini, apalagi globalisasi menjadi salah satu acuan untuk masyarakat berpikir bagaimana agama menjadi salah satu bagian utama dalam melihat bagaimana budaya itu berjalan. Sistem alam yang tak dapat dielakan lagi, ketika kepercayaan masyarakat Indonesia menjadi bagian terpenting dalam melihat bagaimana alam dibentuk.

Ketika, hal ini menjadi salah satu bagian dalam persoalan di masyarakat, tentunya ini menjadi salah satu persoalan juga. Menarik, ketika pola masyarakat yang berkembang saat ini masih menjadi acuan. Sangat disayangkan juga, jika pemahaman kedua hal ini dapat dikaji dengan mendalam, sesuai dengan persoalan masyarakat di masa lalu dan kini.
Hal yang perlu diketahui ketika, bangsa yang besar adalah bangsa yang masih mengingat sejarahnya. Perlu diingat ketika Indonesia masih sampai sekarang ini. Banyaknya ahli-ahli yang masih tidak singkron akan pembangunan, terutama dalam meningkatkan education di masyarakat. Persoalan dasar seperti ini, masih menjadi masukan untuk Negara, agar mengambil peran dalam meningkatkan persoalan, begitu juga berbagai pihak.

Memang masih perlu kesiapan, ketika apa yang menjadi pertanyaan ketika budaya dan agama masuk dalam keduanya. Memang sulit dipungkiri, tetapi apa yang dibutuhkan masyarakat itu menjadi penting untuk dilihat. Ketika, modernisasi hal yang paling utama adalah peran agama. Jika, menanggapi hal ini, bagaimana dengan budaya yang ada di Indonesia, dengan keberagamannya?. Yang terpenting dalam hal ini, tentunya apa yang menjadi kebijakan bersama itulah menjadi yang utama. Proses yang begitu panjang ini, masih mengingatkan kita untuk memahami konteks yang lebih sederhana.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close