Pengertian Mengenai Urbanisasi

1/04/2018

Urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari desa (kota yang kecil) menuju kota yang lebih besar, selanjutnya menyebabkan perkembangan kota, munculnya lapisan sosial baru, perubahan sikap hidup, perubahan mata pencaharian, khususnya industry atau sector formal. Dalam melihat urbanisasi dapat dikarenakan oleh factor pendorong yang muncul dari Desa (push factor), atau juga karena factor penarik yang datang dari kota (pull factor).

Komposisi penduduk yang tidak merata dari hasil pembangunan yang juga timpang dapat mengakibatkan orang-orang memilih melakukan urbanisasi. Urbanisasi dapat memunculkan dampak positif dan negatif bagi kota, serta di Desa. Akibat negative dari urbanisasi bagi kota adalah berkurangnya ruang terbuka, masalah pencemaran air, masalah transportasi, pencemaran udara akibat industry.

Persoalan perkotaan yang semakin kompleks ini tentunya dapat mengakibatkan masyarakat mengalami perubahan yang signifikan. Penataan ruang kota yang tidak sesuai kebutuhan masyarakat juga mengakibatkan proses urbanisasi terjadi. Proses yang terus berlangsung ini, tentunya akan mengakibatkan proses yang berlangsung mengalami perubahan.


Penataan ruang kota yang sehat tentunya memberikan berbagai aspek yang terlihat dari ciri pembangunan, hal ini agar ruang kota yang aman, dan sehat tentunya tercermin dari proses kegiatan masyarakat, misalkan dari persoalan kompleks mengenai urbanisasi suatu kota. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close