Humanis Urban : Menurut Pakar Mengenai Study Kota

1/03/2018

Banyaknya ahli dalam pemikiran mengenai kota, dalam hal ini Lewis Mumford yang disebut dengan “Humanis besar terakhir”, sumbanganya mengenai kritik sastra, kritik arsitektur, studi Amerika, sejarah kota, peradaban dan teknologi perencanaan daerah, lingkungan dan kehidupan masyarakat di Amerika pada awal abad ke- 20. 

Dalam hal ini ia melihat bagaimana siklus perkotaan dan perkembangan dalam peradabannya. Kota seperti itu dapat dilihat sebagai organisme hidup.  Begitu juga, jalannya suatu politik dalam setiap wilayah, yang mengalami siklus dan peradaban yang berbeda warnanya.

Dalam hal ini, Mumford lebih melihat kota sebagai sebagai suatu tempat pertemuan yang berkiblat keluar menerima setiap orang. Malah, sebelum kota menjadi tempat tinggal tetap, orang-orangnya dari pedesaan untuk berjumpa secara teratur. Di dunia barat, kota seperti magnet yang semakin kuat tarikannya baik bagi perekonomian maupun keagamaan.

Ada banyak hal yang dibahas melalui perkembangan suatu kota, dimana pada abad ke-20 setelah menyaksikan adanya perkembangan kota-kota industry yang menunjukan perkembangan luar biasa. 

Menurutnya peradaban kota akan mengalami perkembangan selayaknya sebuah organisme, dengan demikian perkembangan suatu kota tentunya ditentukan dalam pengalaman dari masa lampau. Jika mengetahui pemikiran mengenai Simmel yang melihat kota metropolis sebagai “Arena Asli”pertumbuhan kebudayaan objektif dan merosotnya kebudayaan individu.

Sementara,  dalam hal ini hubungan asli antarmanusia mengalami kemerosotan kebudayaan individu, begitu juga hubungan asli antarmanusia mengalami kemerosotan dan relasi sosial cendrung di dominasi oleh sikap acuh dan mengabaikan. 

Para ahli Barat, selalu mengkaji kota melalui pandangannya dalam melihat peradaban suatu kota, tokoh yang menjadi perhatian adalah Wirth yang berusaha menyusun sebuah model dari tata kehidupan kota dalam bukunya “Urbanism as a Way of Life, gejala yang jelas terlihat di kota berupa disorganisasi pribadi, terutama fenomena yang yang terjadi dalam sebuah kota. Dalam hal itu semua dapat dilihat, bahwa hal itu sebagai bentuk transformasi masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close