Memahami Konsep Etnisitas Dalam Konteks Masyarakat Indonesia

1/12/2018

Secara konseptual dan teoritis, bahwa etnisitas merupakan suatu konsep yang cukup kompleks. Berbagai ahli memberikan definisi yang berbeda-beda tentang etnis. Ada ahli yang mendefinisikan etnis terbatas pada pengategorian manusia berdasarkan busanya, namun juga ada ahli lain yang mendefinisikan etnis lebih dari itu.

Dengan adanya kandungan tentang relasi kekuasaan dan adanya peran dalam struktur masyarakat. Pada titik tertentu, etnisitas dapat berkembang menjadi negara, yaitu adanya kandungan tentang relasi kekuasaan dan adanya peran dalam struktur masyarakat. Yang perlu dimengerti juga bahwa etnisitas berkembang menjadi negara, yaitu ketika suatu kelompok tertentu atas dasar keanggotaan etnis dan tetap bertahan dalam kurun waktu yang lama dan mereka percaya pada kesamaan asal usul.

Dalam interaksi yang terjadi di dalam masyarakat, identitas etnis memiliki tiga tingkatan, yaitu identitas yang ditentukan sendiri oleh orang yang bersangkutan, identitas yang dipersepsikan oleh orang lain, serta identitas yang ditentukan oleh Negara. Dalam kaitan sistem sosial, konsep etnisitas pada dasarnya merupakan bagian dalam kategori sosial yang digunakan oleh masyarakat untuk menunjukan identitas seseorang atau sekelompok orang dalam struktur masyarakat secara horizontal.

Makna dari etnisitas sendiri dapat dilihat dari beberapa struktur sudut pandang, antara lain dari pandangan primordialis, instrumentalis, serta konstruktivis. Indonesia sendiri dapat dilihat dan dimengerti bahwa suatu negara yang multi etnis, yang jumlah etisnya bisa mencapai 300 bahkan 700an kelompok etnis dengan jumlah anggota relatif.

Etnis yang ada di Indonesia bercampur satu dengan lainnya akibat adanya pemindahan secara paksa pada masa penjajahan, serta program transmigrasi yang dilakukan pemerintah. R. William Liddle, yang merupakan seorang peneliti dan pengamat masyarakat Indonesia mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia juga mengenal keberagaman etnis berdasarkan akar bahasa yaitu kelompok etnis berbahasa Indonesia.

Dimana di Indonesia barat yang merupakan kelompok terbesar dari keseluruhan warga Indonesia, serta kelompok yang berbahasa Melanesia dan Papua di Indonesia. Dalam hal ini, dapat dimengerti bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar dibanding dengan negara-negara yang ada di dunia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close