Dimensi Ekonomi Dan Lingkungan Hidup

1/12/2018

Dimensi Ekonomi memegang peranan penting terhadap kualitas Lingkungan Hidup. Interaksi antara aktivitas ekonomi dan lingkungan merupakan hal yang tidak bisa dihindari berdasarkan beberapa pertimbangan. Sumber daya lingkungan biasanya melibatkan perusahaan dalam alokasi hak pemilikan dan pengusahaan (property rights), kemudian penggunaan sumber daya bisa jadi tidak bisa diubah (irreversible), dan stok sumber daya kadang berpengaruh langsung terhadap kesejahteraan. Dan konsekuensi lingkungan dari aktivitas ekonomi adalah tidak menentu (uncertain).



Aktivitas ekonomi meliputi dua aspek utama yaitu aspek produksi dan aspek konsumsi barang-barang dan jasa. Sedangkan konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang-barang dan jasa. Sementara itu, lingkungan menyediakan tiga fungsi utama, yaitu sebagai tempat fungsi limbah, aktivitas barang-barang dan jasa menghasilkan limbah atau produksi sisa.

Lingkungan memberikan jasa secara langsung kepada konsumen seperti udara yang segara, zat-zat yang diperlukan tubuh dari makanan dan minuman, perlindungan, pemandangan dan panorama yang indah, serta jasa lain yang tak terhitung. Ketiga fungsi tersebut saling berinteraksi dan mungkin kompetitif. Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan (over-exploitation) dan pemanfaatannya yang semena-mena (irrational use) baik untuk produksi maupun konsumsi akan mengurangi kemampuan daya dukung alam bagi kehidupan manusia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close