Aneka Bakmie Yang Legendaris

2/12/2018


Meskipun bukan merupakan makanan asli Indonesia, mie merupakan makanan yang sangat populer di negara ini (Indonesia). Hampir tiap daerah memiliki makanan khas yang berupa olahan mie, begitu juga Yogyakarta. Di kota ini terdapat beragam warung mie yang diolah ala Jawa dan dikenal dengan nama bakmi. Berikut ini daftar warung bakmi jawa yang sudah melegenda dan terkenal karena kenikmatan rasanya. 

Bakmi Mbah Mo
Dari sekian banyak warung bakmi Jawa yang ada di Jogja, Bakmi Mbah Mo yang paling melegenda. Meski terletak di pelosok Bantul (Desa Code, Trirenggo) dan jauh dari kota, Bakmi Mbah Mo selalu diburu para penggemarnya. Tak heran jika setiap hari warung ini dipenuhi motor maupun mobil dengan plat luar kota. Meski warung baru buka jam 5 sore, sebelum jam tersebut sudah banyak pembeli yang antri di warungnya.
Bakmi Mbah Mo dimasak satu-satu menggunakan tungku arang, karena itu citarasanya benar-benar terjaga. Jika dilihat dari tampilannya bakmi ini biasa saja bahkan cenderung tidak mengundang selera karena berwarna pucat. Tetapi jika sudah menyuap satu sendok, Anda akan dibuat terdiam karena kenikmatan rasanya. Kuah kental bakmi berasa dari kaldu rebusan induk ayam kampung dicampur kocokan telur bebek sehingga kaya protein. Kisaran harga sepiring bakmi dengan aneka variannya antara Rp 15.000 – Rp 30.000. Bagi yang tidak suka bakmi godhog atau nyemek, di tempat ini juga terdapat bakmi goreng.

Bakmi Pak Pele

Warung Bakmi Pak Pele terletak di Timur Pagelaran Kraton, Alun-alun Utara Yogyakarta (depan SD Keputran) dan berupa warung tenda. Meski begitu, soal citarasa Bakmi Pak Pele bisa diadu. Warung ini menyediakan bakmi goreng, bakmi godhog, bakmi nyemek, nasi goreng, dan magelangan. Berbeda dengan bakmi di tempat lain yang mienya di campur, di warung ini Anda bisa memilih bakmi kuning maupun bakmi bihun. Citarasa Bakmi Pak Pele gurih dan manis, sesuai dengan lidah orang Jogja. Bakmi Pak Pele juga menggunakan mie tebal dan lebih besar dibandingkan mie kuning biasa sehingga teksturnya sedikit kenyal namun tetap nikmat. Sebagai teman makan, wisatawan bisa memesan wedang ronde.

Bakmi Doring

Nama Bakmi Doring berasal dari singkatan tendo miring, di mana saat pertama kali berjualan mengambil lokasi di pinggir jalan dengan menggunakan tenda yang berbentuk miring. Meskipun kini sudah tidak lagi menggunakan tenda, nama Doring masih tetap eksis hingga sekarang. Warung Bakmi Doring terletak di Jln. Suryowijayan No 348 Yogyakarta. Bakmi Doring memiliki racikan rahasia yang membuatnya mampu bertahan dari tahun 1984 hingga kini. Gurihnya telur bebek yang beradu dengan tekstur lembut bakmi serta bumbu-bumbu lain menciptakan kelezatan yang sempurnya. Untuk satu porsi bakmi goreng maupun rebus dibandrol dengan harga Rp 15.000. Sebagai teman makan, pengunjung bisa memesan teh poci atau wedang uwuh khas Imogiri. Bakmi Doring buka dari pukul 17.00 – 24.00 WIB.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close