Keanekaragaman Budaya di Sumatera Barat

2/10/2018


Keunikan akan budaya di Indonesia merupakan cerminan budaya bangsa yang begitu berharga. Dengan Kebudayaan dari Provinsi Sumatera Barat, misalnya yang masih berada di pulau Sumatera. Seperti biasa, kita akan melihat bentuk rumah adat, pakaian adat, tari-tarian budaya, senjata tradisional, suku, bahasa dan lagu daerah. Berikut Uraian singakat dari budaya Sumatera Barat.



Rumah adat Sumatera Barat dinamakan Rumah Gadang. Rumah Gadang di Sumatera Barat adalah untuk tempat tinggal. Rumah tersebut dapat dikenali dari tonjolan atapnya yang mencuat ke atas yang bermakna menjurus kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tonjolan itu dinamakan gojoang yang banyaknya sekitar 4-7 buah.

Sementara keanekaan budaya terdapat beberapa yang menarik seperti :
a. Tari Piriang, sebuah tarian tradisional yang melambangkan suasana kegotongroyongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.
b. Tari Payung, ditarikan oleh pasangan muda-mudi dengan payung tangan, sang pria selalu melindungi kepala sang wanita, sebuah perlambang perlindungan lelaki terhadap wanita.

c. Tari Kiek Gadih Minang, merupakan tari kreasi yang mendasarkan garapannya pada unsur-unsur gerak tari tradisi Minang. Tari kelompok ini menggambarkan kesibukkan gadis-gadis Minang di waktu subuh selagi bersiap-siap menuju mesjid.

Keanekaragaman  budaya Sumatera tentunya, memiliki beberapa suku diantaranya Suku  didaerah Sumatera Barat adalah Mentawai, Minangkabau (Jambak, Guci, Piliang, Caniago, Tanjung, Pisang, Sikumbang, Panyalai, dan Koto). Keanekaragaman budaya di Sumatera Barat ini, tentunya dapat menjadi potensi wisata bagi masyarakat dalam memperkenalkan budaya Indonesia di berbagai wisatawan lokal, dan non lokal.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close