Makna Politik di Tokoh Pewayangan

2/27/2018

Belajar sejarah itu penting, kenapa mempelajarinya itu begitu penting? Karena, silsilah keluarga sudah dipakai sebagai cara melegitimasikan diri sejak berabad-abad yang lalu. "Jadi kalau sekarang ada politikus mengaku sebagai keturunan raja Majapahit, tentu karena ada kepentingan, yaitu legitimasi. Hal ini sudah memang jelas tak bisa di hindari. 

Mengapa demikian? silsilah keluarga yang dirunut-runut itu sudah sejak lama dipakai oleh seseorang atau keluarga untuk menghubungkan dirinya dengan penguasa di masa lalu, bisa pemimpin, raja, atau sultan. Bahkan pada era kesultanan Islam di Indonesia, silsilah itu dibuat dua sisi, yaitu mangiwo (ke kiri) dan manengen (ke kanan). 
Mangiwo yang dirunut panjang bisa sampai ke tokoh-tokoh dalam pewayangan, sampai puncaknya ke dewata. Garis keturunan manengen diruntut dari para pempimpin Islam sampai tokoh-tokoh kenabian. "Perkara betul atau tidak itu masalah nanti, yang penting melegitimasikan diri bahwa dia adalah orang yang punya posisi tertentu dilihat dari genealoginya, garis keturunannya. 

Misalnya dengan mengaku sebagai keturunan Majapahit artinya membuat silsilah secara mangiwo. "Dalam mangiwo, yang bersangkutan terhubung lewat raja-raja Jawa, sampai raja-raja Majapahit. Ini bisa ditarik lagi hingga ke dewa tertentu atau yang pertama kali membuka pulau Jawa. Hal ini agar, jika nanti ketika mau menjadi bupati, atau pada anggota dewan atau presiden, memang punya trah.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close