Sosiologi Pencemaran Udara Dan Kesehatan

2/27/2018

Lingkungan mempunyai dampak terhadap berbagai segi kehidupan masyarakat. Dalam membahas dampak lingkungan terhadap kesehatan para ahli membedakan lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Dalam bencana buatan manusia umumnya, masyarakat baru mulai memikirkan langkah-langkah untuk menanggulangi dampak negative dan mencegah ulangnya peristiwa serupa setelah dampak negatif tersebut.

Suatu masalah kesehatan lingkungan yang kini dihadapi masyarakat yang melaksanakan industrialisasi ialah pencemaran air. Pemanfaatan air tercemar untuk kebutuhan setiap hari mengakibatkan berbagai penyakit. Penurunan kualitas udara karena pencemaran udara oleh gas atau debu dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan.
Misalnya pencemaran udara karena hutan telah membawa berbagai dampak negative bagi kesehatan lingkungan. Penduduk daerah perkotaan yang menghirup udara yang tercemar. Banyaknya warga masyarakat dalam jangka waktu lama berada diruang tertutup dengan udara yang didinginkan alat penyejuk menghirup udara tercemar sehingga menghadapi risiko terkena berbagai gangguan kesehatan.

Kesehatan terancam pula oleh berbagai bentuk lain pencemaran lingkungan fisik. Lalu lintas pun merupakan lingkungan fisik yang mempengaruhi manusia. Lingkungan fisik lain yang diidentifikasikan sebagai factor penyebab gangguan kesehatan ialah kepadatan penduduk, dan seringkali berbagai jenis pencemaran terjadi secara bersamaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close