Memahami Kehidupan Lembaga Sosial Pada Masyarakat Desa

2/12/2018

Indonesia, Terdapat berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli tentang pengertian lembaga sosial tetapi pada dasarnya semua definisi tersebut menekankan lembaga sebagai sistem atau kompleks nilai dan norma. Sistem nilai dan norma atau tata kelakuan ini berpusat di sekitar kepentingan atau tujuan tertentu. Dalam hal ini, yang perlu diketahui bahwa lembaga sosial yang meliputi tujuan utama, nilai-nilai pokok, sifat permanen, sifat keterkaitannya dan penerimaan atas ide-ide. 


Lembaga bisa diciptakan dengan sengaja (enacted institutions) untuk memenuhi tugas-tugas tertentu maupun tidak sengaja (crescive institutions) yaitu, yang tumbuh dari adat istiadat. Lembaga sosial mempunyai sifat yang dinamis, yaitu berubah seiring dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Hal ini, mengakibatkan munculnya lembaga-lembaga baru dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan baru masyarakat.

Di dalam suatu masyarakat meskipun terdapat lebih dari satu lembaga biasanya terdapat satu lembaga yang berada dalam kedudukan teratas dan mendominasi lembaga-lembaga lainnya. Bagi masyarakat desa, lembaga-lembaga dominan ini bisa diwakili oleh lembaga adat maupun lembaga pemerintahan. Besarnya peranan lembaga pemerintahan itu berbeda pada semua Desa.

Pada Desa dengan ikatan genealogis peranan lembaga pemerintahan ini tidak terlalu besar karena sistem kekerabatan dengan aturan adat istiadatnya sangat mendominasi kehidupan masyarkat Desa ini, sedangkan pada Desa dengan ikatan kedaerahan peranan lembaga pemerintahan cukup besar. Ketika Negara Indonesia belum lahir peranan lembaga pemerintahan desa secara umum sangat besar karena pada umumnya Desa-Desa tersebut hidup mandiri.

Akan tetapi,ketika Negara Republik Indonesia Lahir, lembaga pemerintahan Desa asli bersifat lokal yang terbentuk berdasarkan hukum adat atau tradisi mulai kehilangan tempat berpijak digantikan oleh lembaga pemerintahan baru yang bersifat nasional dan tentunya berlandaskan pada UUD.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close